Cagar Alam Toffo Kota Lambu, Lambu – Kabupaten Bima

toffo-kota-lambu-landscape

CA Toffo Kota Lambu terletak di bagian timur pulau Sumbawa. Daerah ini secara administratif terletak di Desa Lambu, Kabupaten Bima. Cagar Alam Toffo Kota Lambu masuk di Kelompok Hutan Doro Donggomasa (RTK 67) yang terletak di posisi 119⁰ 06 ’31 “- 119⁰ 11 ’33” Bujur timur dan 8⁰ 33 ’30 “- 8⁰ 38′ 16” Lintang Selatan. Luas kawasan CA Lambu adalah 3.340 ha.

Toffo Kota Lambu memiliki ekosistem yang unik. Sebagian besar orang mengatakan bahwa daerah ini tidak cocok disebut sebagai hutan, karena kita tidak bisa melihat pohon besar seperti layaknya hutan. Savanna adalah ekosistem yang paling mendominasi di Toffo Kota Lambu.

Cagar Alam Toffo Kota Lambu sebagian besar merupakan areal terbuka dengan rumput menutupi selama musim hujan oleh masyarakat disebut “mpori ngame” atau “rumput keri”. Pohon yang ada di kawasan ini hanya beberapa jenis saja antara lain Bidara (Zizipus mauritania), Asam (Tamarindus indicus), Kesambi (Schleicera oleosa), Walikukun (Shoeteni ovata), hutan Pampa, Noni, berada di wilayah pesisir beberapa jenis mangrove yang bisa ditemukan antara lain: api api (Aviccenia sp), Bruguera sp, Tanjang (Sonneratia sp), (Rhizophora sp) dan Pedada (Sonneratia alba).

Beberapa hewan yang ditemukan di wilayah ini antara lain babi hutan (Sus sp.), rusa (Cervus timorensis), biawak (Varanus salvator), kera ekor panjang (Macaca fascicularis) dan ular (Python raticulatus). Di wilayah ini dikenal dengan jalur satwa dilindungi rusa timor selama musim hujan. Selain satwa liar, terdapat ternak milik masyarakat berupa sapi, kerbau dan kambing berkembang biak, tanpa diketahui siapa pemiliknya.

Menurut petugas, terdapat beberapa jenis burung di kawasan ini yaitu ayam hutan (Galus sp), merpati (Streptolia chinensis), tekukur loreng (Geopelia maugei), alang-alang bubut (Centropus bengalensis), raja udang biru (Alcedo courelescens), raja udang eurasia (Alcedo courelescens), cekakak sungai (Halcyons sp), Kirik-Kirik (Merops sp.), (Zoosterops spp), burung isap madu (Nectarinia spp), cici padi (Cisticola sp.), dan bondol taruk (Lochua Maluku ). Beberapa burung pemangsa (predator) juga terlihat di sini, dua di antaranya adalah elang bondol (Haliastur indus), dan elang laut perut putih (Haliaeetus leucogaster). Petugas percaya daerah ini adalah persimpangan burung migran dan burung air sering terlihat, tetapi masih memerlukan studi lebih lanjut untuk mengidentifikasi nama spesiesnya.

Aksesibilitas

Untuk menuju CA Toffo Kota Lambu dari Kota Mataram dapat ditempuh dengan kendaraan darat selama ± 15 jam. Rute yang dilalui adalah:

  • Mataram – Bima ± 12 jam (termasuk penyeberangan Lombok – Sumbawa menggunakan kapal fery)
  • Bima – Sape ± 2 jam
  • Sape – Lambu ± 1 jam

toffo-kota-lambu-panorama

Artikel Terkait

  • Cagar Alam Pedauh, Sekongkang – Kabupaten Sumbawa BaratCagar Alam Pedauh, Sekongkang – Kabupaten Sumbawa Barat Tentang Kawasan Pedauh terletak di selatan Sumbawa Barat. Jika kebanyakan orang tahu tentang Maluk, karena itu adalah tempat yang terkenal untuk berselancar, Pedauh juga memiliki […]
  • Cagar Alam Pulau Sangiang, Wera – Kabupaten BimaCagar Alam Pulau Sangiang, Wera – Kabupaten Bima Tentang Cagar Alam Pulau Sangiang, Bima Sangiang adalah pulau vulkanik yang muncul ke permukaan yang terletak di Laut Flores. Gunung Sangiang dengan tinggi 1.949 m di atas permukaan […]
  • Pengertian Cagar AlamPengertian Cagar AlamCagar Alam adalah KSA (Kawasan Suaka Alam) yang karena keadaan alamnya mempunyai kekhasan/keunikan jenis tumbuhan dan/atau keanekaragaman tumbuhan beserta gejala alam dan ekosistemnya yang […]
  • Daftar IstilahDaftar Istilah Berikut adalah beberapa daftar istilah beserta pengertiannya: Hutan Konservasi adalah kawasan hutan dengan ciri khas tertentu, yang mempunyai fungsi pokok pengawetan keanekaragaman […]
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply