Cagar Alam Pedauh, Sekongkang – Kabupaten Sumbawa Barat

panorama-alam-CA-pedauh

Tentang Kawasan

Pedauh terletak di selatan Sumbawa Barat. Jika kebanyakan orang tahu tentang Maluk, karena itu adalah tempat yang terkenal untuk berselancar, Pedauh juga memiliki ombak yang indah dan panjang untuk berselancar. Pedauh secara administratif terletak di Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat. Pedauh adalah hutan dataran rendah, dengan berbagai jenis flora yang mewakili berbagai tipe vegetasi.

Bagi peneliti yang tertarik pada hutan, keanekaragaman hayati, dan ekosistemnya cocok untuk melakukan penelitian lebih lanjut di sini.

Ada empat aliran sungai di kawasan konservasi ini:

  1. Brang Batu (Sungai Nanga Memenga) panjang 90 meter dan lebar 8meter. Di sisi kiri dan kanan sungai terlihat pohon Kalimuta. Burung air yang biasa ditemukan di sungai ini Belibis (Cairina scutulata), bangau, Keliki dll
  2. Sungai Nanga Potong, sungai terpendek yang mengalir di kawasan ini dengan panjang 250 m, lebar 3 m.
  3. Brang Senyir, sungai Brang senyir memiliki debit terbesar lebar sungai 10.1 m dan panjang 1 km. Di mulut sungai ada sekelompok hutan bakau dan habitat pasir putih untuk Wili-Wili(Esacus magnirostis), elang laut, dan angsa laut.
  4. Sungai Pedauh

Sungai intermiten seperti sungai lainnya dengan panjang 1,5 km dan lebar 7,6 m.

Aksesibilitas

Perjalanan dari Kota Mataram menuju Cagar Alam Pedauh membutuhkan waktu ± 6,5 jam. Rute yang dilalui dari Kota Mataram menuju Cagar Alam Pedauh adalah:

  • Mataram – Labuhan Lombok ± 2 jam dengan kendaraan darat.
  • Labuhan Lombok – Poto Tano ± 2 jam, menggunakan kapal fery.
  • Poto Tano – Pedauh ± 2,5 jam, menggunakan kendaraan darat.

Gallery for Cagar Alam Pedauh

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply