Kunjungan Pembinaan BKSDA NTB ke Lokasi Pelestarian Penyu oleh Kerabat Penyu Lombok

Kunjungan Petugas Balai KSDA NTB ke lokasi Pelestarian “Kerabat Penyu Lombok” di Desa Kuranji Dalang, Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat dalam rangka Pembinaan Penangkaran Penyu.

Kunjungan dilakukan Jumat 31 Maret 2017 yang juga diikuti beberapa staff Balai KSDA NTB yang lain. Hasil yang didapat antara lain monitoring jumlah telur yang menetas, kondisi telur yang masih ditanam serta jumlah tukik yang mati sesaat setelah menetas.

Jumlah telur yang telah menetas kurang lebih sebanyak 240 ekor tukik dari 1000 butir telur dari jenis Penyu Hijau (Chelonia mydas) yang berasal dari Desa Talonang Kecamatan Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat yang ditanam di lokasi penetasan semi-alami Pantai Kuranji milik Kerabat Penyu Lombok. Dan tukik sementara ini ditampung di bak-bak yang berisi air laut.

Dalam kunjungan pembinaan juga dibicarakan rencana pembangunan bak permanen untuk bisa menampung jumlah tukik yang menetas serta beberapa perubahan fisik dari lokasi pelesatarian untuk bisa menampung lebih baik dan lebih banyak tukik kedepannya.

DOKUMENTASI KEGIATAN

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply