Peringatan NTB Coral Triangle Day di Pantai Ampenan 09 Juni 2017 – Lombok Barat

[SALAM LESTARI! – Mataram, 09/06/2017]

Jumat, 09 Juni 2017 diperingati sebagai hari Coral Triangle Day, bertempat di Bekas Pelabuhan Ampenan (Pantai Ampenan) yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan.

Acara yang diselenggarakan oleh Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Wilayah Kerja NTB Kementerian Kelautan dan Perikanan berkolaborasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan NTB, Dinas Perikanan Kota Mataram, PLN (Perusahaan Listrik Negara) serta WCS (Wildlife Conservastion Society).

Dihadiri langsung oleh Bapak Wakil Walikota Mataram, H. MOHAN ROLISKANA, S.Sos., MH., sore itu termasuk dalam acara peringatan NTB Coral Triangle Day adalah :

  • Pembukaan oleh Sekretaris Daerah Prov. NTB.
  • Pembacaan dan Penandatanganan DEKRALASI BERSAMA “TIDAK MEMBUANG SAMPAH KE LAUT” oleh para pejabat pemerintah yang hadir dan peserta kegiatan.
  • Penyerahan telur penyu hasil sitaan oleh Bapak Wakil Walikota Mataram kepada Kelompok Binaan Balai KSDA NTB Pelestari Penyu “Kerabat Penyu Lombok”.
  • Pelepasliaran lima ekor bayi penyu (tukik) Penyu Hijau (Chelonia mydas) hasil pelestarian sarang semi-alami “Kerabat Penyu Lombok” Desa Kuranji Dalang binaan Balai KSDA NTB.

Balai KSDA NTB yang sore itu diminta hadir untuk memeriahkan acara. Dengan persiapan yang ada, BKSDA NTB membuka stand dan membagikan merchandise termasuk leaflet TSL dilindungi yang akan disosialisasikan. Beberapa masyarakat terutama nelayan dan sebagian POLAIR (Polisi Perairan) yang mengunjungi stand mendapat pengarahan singkat mengenai TSL dilindungi terutama mengenai Penyu yang merupakan biota laut yang dilindungi serta larangan untuk memperjual-belikan telur penyu.

Peringatan NTB Coral Triangle Day didukung oleh Balai KSDAE NTB, BKIPM II Mataram, BKKPN Kupang – GILI MATRA, PSDKP LABUHAN LOMBOK, BPBD NTB, TNI-AL Mataram, POLAIR NTB, MUSEUM NELAYAN BUNGI, KELURAHAN AMPENAN TENGAH dan KELURAHAN BINTARO.

Acara berlangsung mulai dari jam empat sore yang kemudian ditutup dengan kultum dan buka puasa bersama.

Sebagai informasi, Coral Triangle adalah kawasan dengan tingkat keanekaragaman hayati laut tertinggi di dunia mencakup enam negara (Indonesia, Malaysia, Filipina, Timor Leste, Papua Nugini, Kepulauan Solomon), yang menyokong kehidupan lebih dari 120 juta orang yang tinggal di daerah pesisir serta ribuan unit usaha baik kecil, maupun besar di sektor perikanan dan pariwisata. (-WWF)

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply