Jambore Konservasi BKSDA NTB Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional 2017

SALAM LESTARI! (Gunung Tunak_5 Agustus 2017)
Cuaca sangat bersahabat siang itu menyambut datangnya peserta Jambore konservasi dalam rangka Hari Konservasi Alam Nasional NTB 2017. Acara dibuka oleh Kepala Balai KSDA NTB, Dr. Ir Widada, MM., beliau menyampaikan pesan konservasi kepada peserta siswa2 setingkat SLTA untuk mencintai alam, hutan, dan lingkungan serta menjadi kader konservasi.

Barisan Tenda yang dibangun oleh Peserta Jambore Kemah HKAN 2017 – TWA Gunung Tunak

Kemah Jambore Konservasi diselenggarakan di TWA Gunung Tunak dimaksudkan untuk mempromosikan kawasan tersebut sebagai destinasi ekowisata, disamping tujuan utamanya untuk memupuk kepedulian terhadap lingkungan dan membentuk kader konservasi, demikian disampaikan Lalu M. Fadli, Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Lombok dalam laporannya.

Sebanyak 153 peserta kemah dari berbagai sekolah setingkat SMA di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah dan Kota Mataram bernyanyi dan memekikkan yel-yel memenuhi area taman Pusat Ekologi Kupu-Kupu yang sedang dibangun atas kerjasama pemerintah Indonesia dan Korea Selatan.

Selain bangunan tersebut, juga dibangun Pusat Informasi, Gedung Serba guna, Guest house, camping ground dan jalan trail yang rencananya akan selesai pada awal 2018.
Kegiatan Jambore Konservasi merupakan salah satu rangkaian acara Hari Konservasi Alam Nasional 2017, kegiatan yang diselenggarakan BKSDA NTB untuk memeriahkannya antara lain Jelajah Alam TWA Gunung Tunak, Lomba Foto Selfi bertema “Aku dan TWA Gunung Tunak” , Kemah Bakti Kader FK3I, Lomba Mancing, bersih lingkungan, dan lomba2 bernuansa kemerdekaan. Kemeriahan Hari Konservasi Alam Nasional 2017 mengajak masyarakat untuk mencintai hutan karena “Konservasi Alam adalah Konservasi Kita”.  (oleh: Kurniasih Nur Afifah – PEH Balai KSDA NTB)

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply