SEMARAK PERINGATAN HKAN Tahun 2017 di SKW II SUMBAWA Balai KSDA NTB

Salam LESTARI!

(Sumbawa, 05 Agustus 2017) – Dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2017, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Barat, Seksi Konservasi Wilayah II Sumbawa menggalang dukungan baik dari Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Pihak-pihak terkait dalam pengelolaan kawasan konservasi khususnya di Kabupaten Sumbawa. Perhelatan HKAN 2017 di Sumbawa pelaksanaannya di Taman Wisata Alam (TWA) Semongkat disemarakkan dengan rangkaian event yang terdiri dari kegiatan “FK3I (Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia), lomba mewarnai, susur sungai Semongkat dan clean up”.

Peringatan HKAN merupakan Kampanye gerakan konservasi alam untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya konservasi alam dan menumbuhkan peran public dalam menyelamatkan keanekaragaman hayati dan ekosistemnya.

“ Kita berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman dan penyadaratahuan masyarakat akan pentingnya konservasi. Utamanya TWA Semongkat merupakan Cacthman area bagi Kota Sumbawa dan sekitarnya. Selain itu pesan konservasi alam dan kelestarian keanekaragaman hayati beserta ekosistemnya bag kesejahteraan masyarakat harus terus disuarakan”. Ujar Kepala SKW II Sumbawa BKSDA NTB, Arap, SP.

Pada kesempatan peringatan HKAN 2017 di Sumbawa dibuka Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa, KPH Puncak Ngegas Batulanteh, Camat Batulanteh, Kapolsek Batulanteh dan Tokoh masyarakat. Wakil Bupati dalam sambutan menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumbawa mendukung penuh Pengelolaan Kawasan Konservasi tentunya dengan mengutamakan pemberdayaan atau pelibatan masyarakat sekitar kawasan hutan. Dukungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk memajukan dan pengembangan sektor pariwisata yang merupakan salah satu sektor unggulan yaitu dengan peningkatan akses dan fasilitas transportasi berupa jalan di perlebar untuk memudahkan wisatawan menjangkau objek-objek atau lokasi-lokasi wisata alam di wilayah Kabupaten Sumbawa demikian kata Wabup “ Haji Mahmud Abdullah”

Peringatan hari konservasi alam nasional tahun 2017 di Kabupaten Sumbawa dipusatkan di Taman Wisata Alam Semongkat tanggal 5 dan 6 Agustus 2017. Berbeda dengan tahun sebelumnya, peringatan tahun ini dirangkaikan dengan pertemuan serta pembinaan Kader Konservasi yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Kabupaten Sumbawa.

Pada kesempatan peringatan HKAN 2017 dibuka oleh Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa dan dihadiri Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa, Kepala Balai KPH Puncak Ngengas Batulanteh, Muspika Kecamatan Batulanteh, Kader Konservasi, Masyarakat Mitra Polhut binaan Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA NTB. Dalam sambutan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumbawa mendukung kelestarian kawasan hutan umumnya dan kawasan konservasi khususnya, dukungan pemerintah kabupaten sumbawa dalam pengelolaan pariwisata alam sebagai salah satu sektor unggulan untuk dikembangkan di Kabupaten Sumbawa seperti peningkatan fasilitas jalan agar memudahkan wisatawan untuk menjangkau lokasi-lokasi wisata alam, dalam hal ini peningkatan ruas jalan Sumbawa – Batu Rotok – Bao Desa hingga Orong Telu. Dalam jalan lintas ini terdapat Taman Wisata Alam Semongkat.

Masih dalam kesempatan ini, Bapak Wakil Bupati Sumbawa juga menekankan agar melibatkan masyarakat sekitar kawasan hutan dalam pengelolaan kawasan untuk kegiatan wisata alam. Sambutan Bapak Wakil Bupati Sumbawa ini selaras dengan program Balai KSDA NTB, melalui program peningkatan usaha ekonomi masyarakat sekitar daerah penyangga Kawasan Konservasi di Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Pertemuan Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia Kabupaten Sumbawa membahas tentang program kerja yang telah dilaksanakan, perekrutan anggota baru Kader Konservasi serta mendiskusikan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan setahun kedepan. (sumber: Kepala SKW II BKSDA NTB – Arap, SP.)

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply