Kunjungan Mahasiswa Yeungnam University ke TWA Gunung Tunak (Hari Pertama)

SALAM LESTARI!
TWA GUNUNG TUNAK, 12 AGUSTUS 2017 Р Sebanyak 25 mahasiswa internship pada program Seamaul and International Development Universitas Yeungnam mengunjungi TWA Gunung Tunak. Kawasan yang merupakan site project dengan Korea Selatan ini menarik perhatian mahasiswa untuk mereka jadikan salah satu tujuan field trip.

Tujuan program Internship ke Indonesia ini untuk melihat pengelolaan kawasan konservasi terutama kegiatan ekowisatanya, berbagi pengetahuan dan pengalaman serta pertukaran budaya, demikian penjelasan Prof. Lee Yo Han sebagai ketua rombongan kepada kami. Acara dibuka oleh perwakilan Bapak Ivan Juhandara, mewakili kepala Balai Ksda NTB. Penjelasan singkat kawasan mengawali sesi interpretasi potensi, peserta dibagi kedalam dua kelompok dengan cara unik dipandu oleh PEH BKSDA NTB, Lalu Gede Gangga Widarma.

Mahasiswa didampingi pemandu dari komunitas Tunak Besopoq binaan Balai KSDA NTB, yang merupakan kelompok masyarakat yang dibentuk atas inisiasi awal kerjasama Kementerian LHK dengan Korea Forest Service. Pemandu dari Tunak Besopoq mmberikan penjelasan mengenai tanaman obat di TWA Gunung Tunak yang sangat menarik perhatian para mahasiswa.

Setelah sempat berkeliling singkat dengan dipandu oleh komunitas Tunaq Besopoq, para rombongan Yeungnam University kemudian kembali menuju pusat ekologi kupu-kupu yang sedang dibangun. Suasana menjadi sangat hangat ketika beberapa diantara mahasiswa ikut menari diiringi gendingan khas Mertak dan praktik menenun dan tukar-menukar cinderamata. Acara diakhiri dengan penanaman dan minum kelapa muda. Semoga kerjasama antara Indonesia dan Korea Selatan berjalan lancar. Sampai jumpa kembali di Lombok. ūüôā

Annyeonghaseo…Konservasi Alam Konservasi Kita! ¬†(Sumber BKSDA NTB)

DOKUMENTASI KEGIATAN

Rombongan Program  Seamaul and International Development Yeungnam University yang tiba langsung disambut dengan pertunjukan dan makanan tradisional

Rombongan Program  Seamaul and International Development Yeungnam University dalam sesi ice-breaking  melalui permainan yang dipandu oleh PEH BKSDA NTB, Lalu Gede Gangga Widarma.

Rombongan Program  Seamaul and International Development Yeungnam University  РKegiatan field-trip yang dipandu langsung oleh masyarakat lokal dari komunitas Tunak Besopoq

Rombongan Program  Seamaul and International Development Yeungnam University РAcara penutupan kegiatan yakni tukar-menukar cinderamata, penamanan bibit Pohon Beringin (Ficus benjamina) dan Ipil (Intsia bijuga) serta foto bersama.

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply