Balai KSDA NTB – Penyitaan TSL dilindungi bersama GAKKUM Nusra dan POLDA NTB

 

Pengamanan TSL Dilindungi

KRONOLOGIS:
SALAM LESTARI!
[Narmada, 16 Agsutus 2017] – Berdasar pada informasi masyarakat bahwa ada indikasi terjadi perdagangan atau transaksi jual-beli Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL) yang dilindungi berupa burung Kakaktua Kecil Jambul Kuning dan Burung Nuri Bayan di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Yang selanjutnya ditindaklanjuti pada hari Rabu, 16 Agustus 2017 oleh Balai KSDA NTB serta GAKKUM wilayah Nusa Tenggara dengan melakukan operasi gabungan yang bekerjasama dengan POLDA NTB (Korwas PPNS). Dan dari hasil pemeriksaan dan upaya yustisi terhadap target operasi kali ini, dijumpai sebanyak 4 ekor satwa burung yang dipelihara tanpa izin dan langsung dilakukan penyitaan.

Namun setelah mendapat penjelasan dari petugas gabungan bahwa satwa diperlihara merupakan satwa yang dilindungi dan melanggar undang-undang No.5 Tahun 1990, pemilik akhirnya menyerahkan secara sukarela. Daftar satwa sitaan yakni 1 (satu) ekor burung Kakatua Besar Jambul Kuning (Cacatua galeritta), 1 (satu) ekor burung Nuri Kepala Hitam (Lorious lory), 1 (satu) ekor burung Nuri Bayan (Electus roratus) dan 1 (satu) ekor burung Nuri Aru (Chalcopsita atra).

Kemudian barang bukti tersebut diamankan di kantor BKSDA NTB yang selanjutnyakan akan diproses, dirawat dan dipelihara oleh pihak BKSDA NTB.

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply