Semangat HKAN 2017 Dan HUT RI Ke-72 Tahun 2017 – BKSDA NTB Selenggarakan Lomba Mancing “Rock Fishing Adventure”

SALAM LESTARI!

Kepala BKSDA NTB (Dr. Ir. Widada, MM.) melihat hasil tangkapan para peserta Rock Fishing

[Mertak – Lombok Tengah, 20 Agustus 2017] – Dalam rangkaian peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) dan memeriahkan HUT RI ke-72 Tahun 2017, Balai KSDA NTB, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah dan Dinas Pariwisata Provinsi NTB menyelenggarakan Lomba Mancing dengan tema ” Rock Fishing Adventure ” di TWA Gunung Tunak Desa Mertak Kecamatan Pujut Lombok Tengah.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan potensi wisata alam dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian hutan dan alam khususnya di TWA Gunung Tunak. Lomba mancing yang dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2017 s.d 20 Agustus 2017 di TWA Gunung Tunak, diikuti lebih dari 400 peserta dari berbagai komunitas mancing di Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Timur dan Kota Mataram dengan memperebutkan hadiah total sebesar Rp. 15.000.000,-(Lima Belas Juta Rupiah).

Beberapa kategori yang dilombakan dalam acara tersebut yaitu Kelas Umum/Bebas, Kelas Kakap dan Kelas Tambak. Kategori lainnya adalah lomba bersih pantai bagi peserta lomba mancing yang berhasil mengumpulkan sampah plastik paling banyak. Kategori bersih pantai ini diadakan agar peserta lomba mancing lebih peduli akan kebersihan dan kelestarian pantai di TWA Gunung Tunak dan menjaga ekosistem pantai/laut dari sampah plastik/anorganik.

Dalam kesempatan tersebut hadir Kepala Balai KSDA NTB Dr. Ir. Widada, MM, Wakil Bupati Lombok Tengah L. Pathul Bahri, SIP, Sekda Lombok Tengah HM. Nursiah dan Kepala Dinas Pariwisata Prov. NTB Dr. Lalu Faozal, M.Si. serta segenap jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lombok Tengah.

Dalam sambutannya Kepala Balai KSDA NTB menyampaikan bahwa saat ini BKSDA NTB sedang berbenah dalam pengembangan ekowisata di TWA Gunung Tunak yaitu dalam meningkatkan sarana dan prasarana ekowisata, dan berharap dukungan seluruh stakeholders dan Pemda Kabupaten Lombok Tengah terkait program Pengembangan Ekowisata TWA Gunung Tunak Berbasis Masyarakat, sehingga harapan kesejahteraan masyarakat sekitar khususnya Desa Mertak dapat direalisasikan.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Dr. Lalu Faozal, M.Si menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang terjalin dengan BKSDA NTB dan Pemda Lombok Tengah atas terselenggaranya acara tersebut. Acara ini bagi Pemprov NTB termasuk dalam rangkaian Bulan Pesona Lombok Sumbawa dan Dinas Pariwisata Prov. NTB akan mendukung upaya pembangunan dan pengembangan TWA Gunung Tunak sebagai penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, sedangan dalam sambutannya Bupati Lombok Tengah yang dibacakan Sekda Lombok Tengah HM. Nursiah, menyampaikan bahwa dengan potensi wisata bahari dan perikanan yang sangat besar di Lombok Tengah, seharusnya masyarakat harus lebih sejahtera, untuk itu diharapkan masyarakat harus bersiap meningkatkan keterampilan dan pengetahuan sesuai potensi yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah daerah akan mendukung upaya peningkatan dan pengembangan wisata alam di TWA Gunung Tunak.

Kegiatan lain yang diselenggarakan adalah Pertemuan Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia Wilayah Lombok (FK3I) yang diikuti lebih kurang 40 kader konservasi wilayah Lombok. Kegiatan ini dalam rangka konsolidasi program kerja FK3I Wilayah Lombok. Selain itu untuk memeriahkan acara “Rock Fishing Adventure” diselenggarakan pula Lomba Memasak Ikan bagi Ibu Ibu PKK SKPD Kabupaten Lombok Tengah, kegiatan bertujuan agar masyarakat lebih menyukai masakan lokal berbasis ikan sebagai salah satu makanan bergizi tinggi dan sebagai upaya meningkatkan kreasi masakan berbasis ikan dalam mendukung pengembangan pariwisata alam di Kabupaten Lombok Tengah.

(Sumber : Balai KSDA NTB – 2017)

DOKUMENTASI KEGIATAN

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply