Kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional 2017

Menindaklanjuti arahan dan instruksi Bapak Presiden Ir. H. Joko Widodo ketika kunjungan meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) Oktober 2017 silam. Salah satu instruksi Beliau adalah untuk menghijaukan kembali kawasan KEK khususnya daerah sekitar kawasan KEK Mandalika.

Berkenaan dengan instruksi Presiden tersebut, Jumat, 08 Desember 2017 pagi berlokasi di Kantor Operasional ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) di Mandalika-Lombok Tengah diadakan acara “Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional 2017” dengan tema “Kerja Bersama: Makmurkan Rakyat, Lestarikan Alam”. Kegiatan ini merupakan Hasil Kerjasama beberapa Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah yakni BPDASHL Dodokan Moyosari, Pemerintah Prov. NTB, Pemerintah Kab. Lombok Tengah, Dinas LH Provinsi NTB dan Lombok Barat dan BKSDA NTB.

Acara dimaksudkan menjadi inisiasi penghijauan kawasan KEK Mandalika sekaligus memperkenalkan semangat “Tanam 25 Pohon Selama Hidup” yang merupakan salah satu Program Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dengan mengundang seluruh elemen masyarakat, Pemerintah Daerah dan Pusat, Kegiatan juga dihadiri oleh Wakil Gubernur NTB Bapak H. Muhammad Amin, SH, M.Si dan Bupati Lombok Tengah Bapak H. Moh. Suhaili, FT., SH. serta UPT Daerah, Camat, Kepala Desa dan Kepala Dusun di Wilayah Lombok Tengah. Dalam rangakian pidato sambutan, Bapak Bupati menekankan akan segera menyelesaikan permasalahan batas lahan di Lombok Tengah terutama yang berkaitan atau berada di sekitar Kawasan KEK Mandalika.

Termasuk juga dalam rangkaian acara adalah Peluncuran Perangko “Tanam 25 Pohon Selama Hidup”, Penyerahan Hadiah bagi Pemenang Lomba Penanaman Satu Milyar Pohon Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat serta Pembayaran Imbal Jasa Lingkungan Karbon Tahun Ke-3 (2017) kepada Kelompok Tani Hutan Aik Bual sebesar Rp103.300.000,- oleh Bapak Wakil Gubernur Prov. NTB, Bupati Lombok Tengah dan Kepala Dinas LHK Prov. NTB.

Acara diakhiri dengan penanaman secara simbolis oleh Bapak Wakil Gubernur Prov. NTB dan Perangkat Daerah Wilayah Lombok Tengah.

DOKUMENTASI KEGIATAN

UPDATE 09/12/2017

Semangat “Tanam 25 Pohon Selama Hidup” dan ikhtiar Menghijaukan Kawasan KEK Mandalika dilanjutkan BKSDA NTB pada tanggal 09 Desember 2017 melalui SKW I Wilayah Praya dengan kegiatan penanaman bersama TNI KOREM 162/Kodim Lombok Tengah yang juga bersamaan dalam rangka Hari Juang Kartika di Dusun Sekembeng, Kuta – Lombok tengah. (Foto: Kepala SKW I Praya)

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply