Kawasan Suaka Alam Jereweh, Jereweh – Kabupaten Sumbawa Barat

kawasan-suaka-alam-jereweh-sumbawa-barat-bebatuan-sungai

Tentang Kawasa Suaka Alam Jereweh

Satu kata bisa mencerminkan tentang Jereweh adalah “alami”. Untuk mencapai hutan ini kita harus melintasi sungai 6. Hutan yang terletak di 116˚ 50 ’00 “s.d. 116˚ 57 ’00 “BT dan 080˚ 52′ 00” sd 08˚ 57 ’00 “LS. Secara administratif terletak di Desa Mataiyang, Brang Ene Kecamatan dan Desa Beru, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat.

Potensi Flora dan Fauna

Vegetasi di Kawasan Suaka Alam Jereweh adalah vegetasi hutan musim dataran rendah yang ditandai dengan jenis tanaman yang menggugurkan daun di musim kemarau. Pada tingkat pohon, jenis vegetasi yang mendominasi adalah Bungur (Lagerstroemia speciosa). Jenis pohon lainnya yang ditemukan di antara lainnya Dao (Dracontomelon dao), Drypetes logifolia, Pittosporum moluccanum, Ervatamia sphaerocarpa, Streblus asper, Palaquium obtusifolium, Kecapi, Knema cinerea, Cananga odorata, Ficus variegate, Pterocymbium javanicum, Protium javanicum, Tetrameles nudiflora, Arenga pinnata, Tetracerascandens sp, sp Piper dan lain-lain.

Kawasan Suaka Alam Jereweh adalah habitat bagi banyak spesies satwa liar mulai dari kelas mamalia seperti rusa (Cervus timorensis), Abu-abu monyet (Macaca fascicularis) dan babi hutan (Sus sp.). Ada beberapa reptilia seperti Sanca Batik (Phiton raticulatus) dan biawak (Varanus salvator). Daerah ini juga kaya akan spesies burung. Spesies burung yang sangat penting adalah kakatua kecil jambul kuning (Cacatua sulphurea). Jenis-jenis burung baik dilindungi atau tidak dilindungi antara lain Bangau Sandang Lawe (Ciconia episcopus), Nuri Pipi Merah (Geoffroyus geoffroyi), Beo Sumbawa (Gracula regiosa), elang bondol (Haliastur indus), Madu Matari (Nectarinia scolaris), Paok Laos (Pitta elegans, Burung Anis (Zoothera sp) dan lain-lain.

Hutan ini juga salah satu dari tiga habitat spesies terancam punah kakatua jambul kuning yang ada di kawasan konservasi BKSDA NTB, yang habitatnya sangat rawan gangguan. Burung yang indah ini, sangat pemalu dan takut orang atau burung pesaing lainnya, salah satunya disebut burung dolar. Hutan Jereweh adalah tempat yang tepat untuk melakukan penelitian (Cacatua sulphurea) sembari menikmati kesunyian hutan. Di sungai intermiten yang mengaliri kawasan ini terdapat ikan yang dapat menjadi sumber pangan selama penelitian.

Aksesibilitas

Untuk menuju lokasi KSA Jereweh, dibutuhkan waktu ± 7 jam. Rute yang dilalui adalah sebagai berikut:

  • Mataram – Labuhan Lombok, ± 2 jam.
  • Labuhan Lombok – Poto Tano, ± 2 jam menggunakan kapal fery.
  • Poto Tano – Taliwang, ± 1 jam.
  • Taliwang – Jereweh, ± 2 jam.

Gallery Kawasa Suaka Alam Jereweh, Sumbawa Barat

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply