Kunjungan Field Trip Rombongan “The 3rd Heart of Borneo Technical Committe Meeting” ke TWA Gunung Tunak

SALAM LESTARI!

Jumat 20 Juli 2018 – Taman Wisata Alam Gunung Tunak kembali mendapat kunjungan, kali ini merupakan kunjungan Field Trip dari Rombongan “The 3rd Heart of Borneo Technical Committe Meeting” yang akan melihat dan belajar bagaimana pelaksanaan Ekowisata berbasis Masyarakat (Community based Eco-tourism) di Taman Wisata Alam Gunung Tunak.

Rombongan terdiri dari beberapa stakeholder terkait diantaranya dari Perwakilan 3 Negara dari Anggota Heart of Borneo (HoB), Kementerian Keuangan Indonesia, Kepala Bidang Pengelolaan Kawasan Hutan, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Rombongan didampingi oleh PEH dan Kehumasan BKSDA NTB beserta Staff. Agenda antara lain, pemaparan materi oleh PEH BKSDA NTB, Ibu Kurniasih Nurafifah, S.Hut., M.Si. mengenai potensi TWA Gunung Tunak, Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, pemberdayaan yang telah dilakukan ke masyarakat serta pendampingan sehingga masyarakat dinilai mampu untuk menjalankan Program Ekowisata di Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Selain itu, rombongan juga diajak untuk melihat sarana dan prasana wisata yang telah dibangun (Kerjasama Korea Forest Service dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Sanctuary kupu-kupu dan rusa sebelumnya akhirnya melanjutkan agenda field trip ke lokasi selanjutnya.

Sebagai Informasi, Heart of Borneo (HoB) adalah inisiatif tiga negara yaitu Indonesia, Brunei Darussalam dan Malaysia untuk mengelola kawasan hutan tropis dataran tinggi di borneo yang didasarkan pada prinsip konservasi dan pembangunan berkelanjutan. Tujuan The 3rd Heart of Borneo Technical Committe Meeting di Lombok adalah untuk membahas dan memfinalisasi proposal dan kegiatan dalam kerangka kerjasama HoB untuk dapat dipertimbangkan dalam Trilateral Meeting HoB ke-12 yang akan dilaksanakan di Malaysia.

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply