Kenalkan Potensi Wisata di TWA Gunung Tunak melalui Kegiatan Festival Tunak 2018

SALAM LESTARI!

Praya – Sabtu 10 November 2018, Para Petugas TWA Gunung Tunak terlihat lebih sibuk dari biasanya. Para peserta sudah mulai berdatangan ke meja registrasi panitia untuk mengikuti kegiatan Festival Tunak 2018, yakni Jambore dan Jelajah Alam.

Kepala Balai KSDA NTB, Ir. Ari Subiantoro, M.P. dalam Pembukaan Festival Tunak 2018

Kepala Balai KSDA NTB, Ir. Ari Subiantoro, M.P. dalam Pembukaan Festival Tunak 2018

Kegiatan Jambore dan Jelajah Alam TWA Gunung Tunak 2018 berlangsung selama dua hari, Sabtu hingga Minggu (10-11 November 2018) di TWA Gunung Tunak. Beberapa diantara peserta Jambore dan Jelajah Alam berasal dari Saka Wana Bhakti Lombok, Mahasiswa Universitas Mataram, Komunitas Trash Bag, Genpi Lombok Sumbawa, Lombok Phonegraphy, Tunak Besopoq, Siswa dan Siswi Sekolah sekitar TWA Gunung Tunak, Pegawai dan Staff BKSDA NTB serta Masyarakat Umum. Total peserta mencapai 200-an orang. Kegiatan juga dihadiri oleh Kepala Balai KSDA NTB, Ir. Ari Subiantoro, M.P., Kepala SKW I Praya Lalu Muhammad Fadli, S.H. serta Bupati Lombok Tengah (diwakili Asisten II Bapak Ir. Nasrun).

Tak hanya Jambore, di hari pertama kegiatan juga diisi dengan Materi Konservasi, Digital Destinasi, Teknik Fotografi menggunakan Ponsel oleh Lombok Phonegraphy serta Malam Keakraban seluruh peserta Jambore.

Berlanjut pada hari kedua, terdapat tiga rute terpisah yang harus dipilih peserta untuk kegiatan Jelajah Alam. Masing-masing rute menuju destinasi wisata di TWA Gunung Tunak yang berbeda-beda, Satu rute menuju Pantai Sari Goang, Satu rute menuju Pantai Teluk Ujung dan Satu rute lagi menuju Pantai Bilasayak. Rute Pantai Sari Goang merupakan rute jelajah alam yang paling memantang karena selain terbilang cukup jauh (sekita 2800m dari pusat acara), medan yang dilalui juga berupa tanjakan dan turunan. Namun Pemandangan yang disajikan di Pantai Sari Goang lebih juara dari rute lain.

Meski cuaca hari itu cukup terik, namun para peserta tetap antusias mengikuti kegiatan jelajah alam. Terlebih lagi pemandangan yang akan memanjakan para peserta ketika sampai di destinasi wisata pilihan mereka.

Tamu Undangan dalam Kegiatan Festival Tunak 2018

Usai dimanjakan pemandangan Destinasi Wisata di TWA Tunak Gunung Tunak, Para peserta kemudian kembali ke Pusat Acara dan berkumpul untuk Pembagian Doorprize diantaranya kaos, sandal outdoor, drybag, hammock, kipas angin, TV serta Sepeda.

Bapak Ir. Nusran, Asisten 2 yang mewakili Bupati Lombok Tengah dalam Pembukaan Festival Tunak 2018

TWA Gunung Tunak merupakan salah satu Kawasan Konservasi yang pengelolaanya berada di bawah Balai KSDA NTB. Terletak di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah atau sekitar 45 menit dari Bandara international Lombok. TWA Gunung Tunak merupakan Taman Wisata Alam prioritas dan andalan BKSDA NTB yang merupakan kawasan pendukung dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Wilayah Lombok Tengah. (Sumber : BKSDA NTB)

DOKUMENTASI KEGIATAN

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply