BKSDA NTB Lakukan Pemberdayaan Masyarakat Daerah Penyangga TWA Tanjung Tampa, Lombok Tengah

SALAM LESTARI!

Lombok Tengah, 16 Juli 2020 – Dalam rangka pengembangan program pemberdayaan masyarakat daerah penyangga kawasan konservasi TWA Tanjung Tampa Balai KSDA NTB selaku pengelola kawasan melakukan kegiatan pengembangan usaha ekonomi produktif di desa Mekarsari , desa yang berbatasan langsung dengan kawasan.

Kelompok masyarakat yang menjadi binaan Balai KSDA NTB adalah kelompok Pemuda Tani Lestari di Desa Mekarsari , Kecamatan Praya Barat , Kabupaten Lombok Tengah. Kelompok ini sudah dibina oleh Balai KSDA NTB sejak tahun 2019, dan disahkan oleh Kepala Desa Mekarsari tanggal 24 Juni 2019 . Kelompok ini bergerak di bidang jasa wisata. Pada acara ini juga turut hadir Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai KSDA NTB , Kepala SKW I Lombok , Babinsa, Kepala Desa Mekarsari, Masyarakat Mitra Polhut (MMP), Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) dan Polhut BKSDA NTB.

Acara penyerahan bantuan pengembangan usaha ekonomi produktif di Desa Mekarsari tepatnya di pantai Telawas , yang mana pantai ini masuk dalam kawasan konservasi TWA Tanjung Tampa berlangsung dengan hangat. Sebelum memulai penyerahan bantuan acara di mulai dengan sambutan Bapak Kepala Desa Mekarsari , beliau menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Balai KSDA NTB yang telah membina pemuda di desanya, kelompok Pemuda Tani Lestari ini harus maju , harus jadi yang nomer satu dan selalu kompak selamanya untuk membangun Desa Mekarsari, ikut menjaga potensi wisata yang ada di Desa Mekarsari.

Sambutan kedua disampaikan oleh Bapak Kepala Sub Bagian Tata Usaha dalam arahannya Bapak Lugi Hartanto,SP.,M.Sc menyampaikan agar kekompakan di kelompok selalu dijaga, permasalahan yang ada dihadapin bersama dicari jalan keluarnya bersama-sama, ikut berperan aktif menjaga kawasan hutan, bantuan yang sudah diterima dikembangkan dan di manfaatkan secara baik. Selain sambutan dari Bapak Kepala Sub Bagian Tata Usaha dari Balai KSDA NTB, Bapak kepala SKW I Lombok Bapak Lalu Muhammad Fadly juga menyampaikan kepada kelompok agar tetap kompak, ikut menjaga kelestarian hutan , mengembangkan bantuan yang sudah diterima.

Potensi yang ada d TWA Tanjung Tampa seperti pantai Telawas sangat mempesona sehingga perlu dibuat paket-paket wisata seperti : swafoto di pantai, memasak/kuliner tradisional, serta interpretasi budaya dan sejarah di TWA Tanjung Tampa, khusunya di pantai Telawas.

Setelah sambutan-sambutan , acara selanjutnya penyerahan bantuan pengembangan usaha ekonomi produktif berupa alat dan mesin dalam bentuk uang . Harapan Balai KSDA NTB semoga bantuan yang sudah diterima oleh Kelompok Pemuda Tani Lestari dapat meningkatkan kesejahteraan hidup anggota kelompok pada khususnya dan masyarakat Desa Mekarsari pada umumnya. Acara penyerahan bantuan pengembangan usaha ekonomi produktif di Desa Mekarsari, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta undangan dan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Balai KSDA NTB dengan kelompok Pemuda Tani Lestari di pantai Telawas, Desa Mekarsari, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. (SUMBER : BKSDA NTB)

DOKUMENTASI KEGIATAN

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply