TWA Gunung Tunak, Tuan Ruman Kegiatan Peningkatan Kapasitas Dalam Pengembangan IUPJWA Tahun 2020

SALAM LESTARI!

Tunak, 24 Agustus 2020 – Pembukaan Kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Dalam Pengembangan Izin Usaha Penyediaan Jasa Wisata Alam (IUPJWA) ini dihadiri oleh total 11 UPT Kementerian LHK dari seluruh Indonesia, yakni terdiri dari 9 UPT Taman Nasional dan 2 UPT BKSDA. Kegiatan Pembukaan berlangsung pada 24 Agustus 2020 di Gedung Serbaguna Tunak Cottage, TWA Gunung Tunak, Pujut Kab. Lombok Tengah.

Dalam sambutan, Kepala Sub Direktorat PJLWA, Julianti Siregar, menyampaikan maksud diselenggarakan acara ini adalah sebagai pembekalan pemegang Izin Usaha Penyediaan Jasa Wisata Alam (IUPJWA) baik terkait kebijakan, teknis, dan media saling bertukar pengalaman pemegang IUPJWA dalam mengembangkan paket wisata alam di dalam Kawasan Konservasi.

Acara dibuka secara daring (virtual) oleh Direktur Jenderal KSDAE, Ir. Wiratno, M.Sc yang menyampaikan pesan bahwa masyarakat sekitar kawasan harus memegang peranan penting dalam pengembangan kawasan konservasi.

Hadir menyambut sebagai tuan rumah Plh. Kepala Balai KSDA NTB, Dedy Asriady, S.Si., M.P. mengucapkan selamat datang sekaligus rasa terimakasih telah memilih TWA Gunung Tunak sebagai lokasi kegiatan. Senada dengan itu, Lalu Muhammad Fadli, S.H. selaku Kepala SKW I Lombok BKSDA NTB menyampaikan bahwa momen ini menjadi waktu yang sangat berharga untuk saling belajar. “Kami juga ingin belajar dari pengelolaan wisata dari TN Gunung Leuser, pengelolaan wisata birdwatching dari TN Baluran, wisata bahari dari TN Komodo.” ujar Beliau.

Sesi materi dan diskusi pertama, Disampaikan oleh Direktur PJLHK dengan judul materi “Kebijakan Pengusahaan Jasa Wisata Alam Berbasis Masyarakat di Kawasan Konservasi”. Kemudian dilanjutkan secara panel materi BKSDA NTB mengenai Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat di TWA Gunung Tunak, dilanjutkan sharing pengalaman mulai pembetukan hingga suka duka kelompok disampaikan oleh Ketua Kelompok Tunak Besopoq sebagai pemegang IUPJWA di TWA Gunung Tunak. Ketua BUMDES Berkarya Desa Mertak juga menyampaikan pengembangan usaha wisata yang dijalankan oleh BUMDES dalam rangka menyambut pengembangan wisata alam di TWA Gunung Tunak yang mulai berjalan. (SUMBER: BKSDA NTB)

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply