Pemberdayaan Masyarakat oleh BKSDA NTB untuk Masyarakat Desa Lambu

SALAM LESTARI!

Bima 26 Oktober 2020 – Pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat di lakukan dengan memberikan bantuan kepada salah satu kelompok masyarakat yang ada di Desa Lambu Kabupaten Bima. Kegiatan ini dilaksanakan di kantor desa Lambu Kabupaten Bima yang dihadiri oleh perwakilan dari pemerintah desa yakni kepala desa Lambu, Camat setempat serta kelompok Masyarakat.

Sambutan Kepala Desa Lambu mengawali acara. Takdir mengucapkan terimakasih atas dukungan dan bimbingan BKSDA NTB dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bambang Dwidarto S. H selaku kepala SKW III Bima BKSDA NTB memberikan sambutan dan arahan kepala kelompok masyarakat “Wawo Kajuara”, anjuran selalu menjaga kekompakan dan ketulusan mengembangkan Penangkaran rusa sebagai upaya meningkatkan populasi di luar kawasan konservasi dan menjadi pilot project pengembangan sanctuary rusa berbasis masyarakat.

Pelibatan masyarakat diharapkan masyarakat dapat berperan aktif menjaga dan melindungi keanekaragaman hayati yang ada di dalam maupun di luar kawasan konservasi, khususnya yang ada di sekitar Desa Lambu. Pemberian bantuan usaha ekonomi produktif dilakukan untuk memfasilitasi masyarakat agar dapat melakukan pengelolaan pengembangan potensi keanekaragaman hayati yang lebih baik demi menjaga keberadaan dan kelestarian dari satwa tersebut.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Eny Kartikawati S. Hut selaku Penyuluh Kehutanan, dengan materi berjudul materi Tehnik dan Prosedur Penangkaran Rusa, sebagai dasar pengetahuan dalam pengelolaan penangkaran Rusa Timor yang akan dilaksanakan oleh kelompok masyarakat Wawo Kajuara di Desa Lambu Kabupaten Bima.

Selanjutnya acara diakhiri dengan penyerahan bantuan usaha ekonomi produktif secara simbolis dari Kepala Balai KSDA NTB yang diwakili oleh Kepala SKW III Bima kepada Ketua kelompok masyarakat Wawo Kajuara, Hairil. Selanjutnya diikuti penandatangan dokumen perjanjian kerjasama, kesepakatan konservasi dan berita acara serah terima. (SUMBER : BKSDA NTB)

DOKUMENTASI KEGIATAN

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply