BKSDA NTB dalam Pengamatan Burung Migran di Kab. Sumbawa

SALAM LESTARI!

Sumbawa, 27 November 2020 – Area pertambakan di Dusun Sinar Jaya, Desa Sepayung Kec. Plampang, Kab. Sumbawa yang juga kawasan HPT RTK 81 BKPH Empang merupakan lokasi penting bagi burung burung pantai yang bermigrasi dari belahan dunia di utara khatulistiwa. Sebab area pertambakan tersebut digunakan seebagai tempat mencari makan, beristirahat, serta tempat tidur oleh setidaknya 8 jenis burung pantai migran dalam jumlah individu yang tidak sedikit.

Selain itu juga terpantau 2 individu burung Undan kacamata (Australian pelican) yang sedang mencari makan dan beristirahat di tambak ikan bandeng. Burung berukuran besar ini bermigrasi dari Australia. Mereka dikenal hanya mencari makan di Indonesia, kemudian kembali ke Australia untuk berkembang biak.

Dari hasil tersebut dan dibandingkan dengan hasil pengamatan di beberapa wilayah di kabupaten sumbawa lainnya, lokasi ini dapat dikatakan sebagai lokasi terpenting untuk kehidupan burung pantai migrasi di Kabupaten Sumbawa.

Pengamatan dilakukan pada hari kamis 26 November 2020 oleh Sumbawa Biodiversity, Birding Indonesia dan Balai KSDA NTB. Dilakukan juga wawancara dengan beberapa warga di Dusun Sinar Jaya, Desa Sepayung, Kec. Plampang hingga didapat informasi bahwa sejak 2013 burung undan/pelikan sudah menjadi tamu tahunan di area pertambakan mereka. Jumlah populasi sebanyak yang pernah dilihat sebanyak 60 ekor pada tahun 2019. Sedangkan untuk tahun 2020 pada bulan oktober warga mencatat 40 ekor burung undan kacamata datang di sana.

Disisi lain, meskipun burung ini dianggap sebagai hama bagi usaha pertambakan ikan bandeng milik warga, mereka mengatakan turut menjaga keberadaan burung tersebut dengan tidak menangkap dan memburu burung yang menjadi tamu di area ini. (SUMBER : BKSDA NTB)

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply