BKSDA NTB Kembali Serahkan Bantuan Pakan Satwa Kepada Lombok Wildlife Park

SALAM LESTARI!

Lombok Utara, 2 Maret 2021 – Pandemi covid 19 telah menghantam banyak sektor, tidak terkecuali lembaga konservasi. Lembaga yang bergerak dalam konservasi satwa liar di luar habitat ini biasanya mengandalkan pemasukan dana untuk operasional dari penjualan tiket pada pengunjung.

Di Provinsi NTB terdapat satu lembaga konservasi yaitu Taman Satwa Lombok Wildlife Park di kecamatan Tanjung, Lombok Utara. Taman satwa yg dikelola swasta tersebut juga tidak luput dari efek pandemi.

Di awal masa pandemi taman satwa ditutup beberapa bulan dari kunjungan. Meski sudah dibuka kunjungan untuk umum dengan pemberlakuan protokol kesehatan namun kunjungan menurun drastis dibanding sebelum masa pandemi, apalagi kunjungan wisatawan mancanegara. Menurunnya pemasukan menyebabkan pengelola kesulitan dalam pengadaan pakan satwa.

Satwa-satwa yg dipelihara di taman satwa tersebut sebagian besar merupakan satwa dilindungi yang merupakan titipan negara melalui Balai Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Barat (BKSDA NTB).

Maka sebagai upaya tetap menjamin kesejahteraan satwa-satwa di dalam taman satwa, BKSDA NTB memberikan bantuan pakan satwa. Sejak pandemi Covid 19 selama tahun 2020 BKSDA NTB tercatat telah 16 kali memberikan bantuan pakan satwa. Pada tanggal 2 Maret 2021 BKSDA NTB kembali melakukan hal yang sama.

Pakan yang diberikan berupa buah-buahan seperti pepaya, pisang, semangka, nanas, buah naga. Selain itu juga diberikan bantuan beras dan ubi untuk pakan selingan dari beberapa jenis satwa.

Pemberian bantuan pakan satwa disampaikan langsung oleh wakil BKSDA NTB, I Nengah Sudiarta dengan didampingi beberapa staf. Bantuan pakan diterima langsung oleh Direktur PT Bintang Fauna dan Flora Indonesia, I Ketut Suadika, selaku pemilik dan pengelola Taman Satwa Lombok Wildlife Park.

Semoga pandemi Covid 19 segera berakhir.

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply