Kegiatan Rapat Koordinasi Pemantapan Pengelolaan Kawasan Konservasi Wilayah Lombok – Balai KSDA NTB

rakor-pemantapan-pengelolaan-kawasan-konservasi-wilayah-lombok (1)

[MATERI dan FOTO Kegiatan tersedia dibagian bawah artikel]

Pada hari Selasa 15 Desember 2015, Balai KSDA NTB mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Pemantapan Pengelolaan Kawasan Konservasi Wilayah Lombok.

Bertindak sebagai narasumber dalam Rapat Koordinasi ini ialah Bapak Dr. Ir. Widada, MM selaku Kepala Balai KSDA NTB, Bapak I Gusti Raka Wisnu selaku Kepala Seksi Pemolaan Kawasan Hutan BPHK Wilayah 8 Denpasar dan Bapak Ir. H. Andi Pramaria, M.Si, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi NTB. Acara Rapat Koordinasi juga menghadirkan para Polhut dari Balai KSDA NTB, Camat, serta tak lupa dari Jajaran Polri dan TNI.

Bapak Ir. H. Andi Pramaria, M.Si menyampaikan materi presentasi

Rapat membahas cara terbaik untuk pengelolaan kawasan konservasi wilayah Lombok serta masalah-masalah yang sering dihadapi seperti diantaranya pencurian kayu, akses jalan, pal batas kawasan serta penggunaan lahan kawasan konservasi oleh warga sekitar untuk bercocok tanam.

Bapak Dr. Ir. Widada, MM selaku Kepala Balai KSDA NTB melalui materi presentasi yang berjudul “Kebijakan dan Strategi Pengelolaan Kawasan Konservasi” beberapa point penting disampaikan yakni bahwa cara terbaik untuk mengembangkan kawasan konservasi adalah dengan mengajak dan melibatkan warga sekitar. Karena selain meningkatkan kesejahteraan warga sekitar secara ekonomi seperti contoh dengan persewaan alat renang atau sekedar membuka warung, secara tidak langsung juga akan menjaga dan melestarikan keberlangsungan kawasan konservasi, sehingga mencegah timbulnya masalah lain dikemudian hari dan kawasan konservasi diharapkan mampu berkembang sesuai dengan yang direncanakan.

Bapak Andi Pramaria (Kepala Dinas Kehutanan Provinsi NTB) dengan materi “Kebijakan dan Strategi Pelindungan Hutan Provinsi Nusa Tenggara Barat” memaparkan beberapa gangguan yang kerap kali timbul dalam pengembangan kawasan hutan. Beliau juga menyampaikan konsep pemanfaatan sumber daya hutan yakni “Pemanfaatan Lestari” untuk mencapai keseimbangan alam. Pemanfaatan Lestari mengajak warga sekitar kawasan hutan dengan membuka kemitraan dengan masyarakat untuk memanfaatkan hasil hutan baik kayu maupun bukan-kayu dengan bijak sekaligus melestarikan.

Acara ditutup dengan penyampaian kesimpulan oleh Bapak Budhy Kurniawan, S.Hut selaku KSBTU (Kepala Sub Bagian Tata Usaha) Balai KSDA NTB yang beberapa diantaranya pemanfaatan potensi hutan yang harus menjadi perhatian kita bersama, gangguan yang masih sering terjadi di kawasan serta rehabilitasi kawasan hutan dan konservasi yang menjadi prioritas.

Galeri FOTO Kegiatan Rapat Koordinasi Pemantapan Pengelolaan Kawasan Konservasi Wilayah Lombok – Balai KSDA NTB

Materi Kegiatan Rapat Koordinasi Pemantapan Pengelolaan Kawasan Konservasi Wilayah Lombok – Balai KSDA NTB

PDF Kebijakan dan Strategi Pengelolaan Kawasan Konservasi oleh Bapak Dr. Ir. Widada, MM7.7 MB

PDF Kebijakan dan Strategi Pelindungan Hutan Provinsi NTB oleh Bapak Andi Pramaria2.7 MB

PDF Pemantapan Kebijkan Kawasan Hutan oleh Bapak I Gusti Raka Wisnu4.7 MB

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply