Taman Wisata Alam Gunung Tunak, Pujut – Kabupaten Lombok Tengah

@B

Sejarah Kawasan

Taman Wisata Alam Gunung Tunak ditetapkan berdasarkan SK Menhut No. 425/Kpts-II/1996 tanggal 9 Agustus 1996 seluas 312 Ha. Menurut administrasi pemerintahan TWA Gunung Tunak termasuk ke dalam wilayah Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Secara astronomis TWA Gunung Tunak terletak pada 8o53’30” – 8o57’30” LS dan 116o22’00” – 116o24’00” BT.

Topografi

Kondisi topografi TWA Gunung Tunak terletak pada ketinggian antara 0 – 105 m dpl. Kondisi bentang alam yang bervariasi datar, gelombang berbukit sampai bergunung dan merupakan deretan beberapa gunung dan bukit dengan lembah serta hutan yang cukup luas dan lebat di sekitarnya.

Formasi geologi di TWA Gunung Tunak mempunyai formasi geologi yang terdiri dari batuan kapur (batu karang) yang mengandung kapur. Jenis tanah yang berada di Gunung Tunak termasuk dalam jenis tanah regosol dengan bentuk wilayah vulkan dan mediteran.

Apa yang anda dapatkan di Taman Wisata Alam Gunung Tunak ?

Taman Wisata Alam Gunung Tunak merupakan hutan yang berada pada ketinggian 0 – 105 mdpl. Sebagian besar Hutan ini merupakan hutan sekunder yang secara perlahan pulih dan berfungsi sebagaimana umumnya hutan. Di dalam hutan Gunung Tunak, dapat ditemui gundukan sarang burung langka berikut Megapodius/burung gosong (Megapodius reinwartdtii) berikut burungnya yang dilindungi undang-undang dan menjadi buruan wisatawan internasional untuk mendapatkan gambarnya di alam, dan jika beruntung anda akan pula menjumpai rusa – rusa timor yang menyelisip diantara semak belukar.

Lepas menyusuri hutan musim Gunung Tunak menuju pantai tersembunyi yang relatif belum di jamah. Di pantai ini anda akan dapatkan butiran-butiran pasir putih yang terhampar luas dihempas deburan ombk samudera Indonesia. Di kaki bukit yang terbentang datar menikmati kesunyian ditemani deburan ombak dan keindahan pantai anda dapat mendirikan tenda untuk Camping yang akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama teman atau keluarga anda.

Obyek dan Kegiatan Wisata Alam

Antara lain pantai pasir putih, tebing batu dengan kegiatan wisata alam yakni jungle tracking, swimming dan pengamatan satwa

Bagaimana cara mencapai TWA Tunak ?

  • Mataram – Praya – Sengkol – Kuta – Desa Mertak – Tunak, kendaraan darat : 85 km (2,5 jam).

Gallery Foto Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply