Kunjungan Duta Besar Korea Selatan ke Taman Wisata Alam Gunung Tunak – Mei 2017

SALAM LESTARI!

(Praya, Lombok Tengah – 31/5/2017) Duta Besar Korea Selatan Mr. Cho, Taiyoung meninjau pembangunan sarana prasarana di TWA Gunung Tunak, Pujut – Lombok Tengah .

Kerjasama pengembangan ekowisata dimulai sejak ditandatanganinya MoU antara Kementerian LHK dengan Korea Forest Service pada tanggal 12 Oktober 2013. Kerjasama pengembangan ekowisata meliputi pembangunan sarana prasarana wisata di Taman Wisata Alam Gunung Tunak diantaranya pusat pengunjung, gedung serbaguna, pusat kupu-kupu, bumi perkemahan, trail, guest house serta peningkatan kapasitas pegawai.

Hadir bersama rombongan Dubes Korea Selatan, Mr. Im Youngsuk (sekertaris Kedutaan Besar Korsel), Mr. Choi Sundeok (Direktur NFCF), Mr. Yoon Kyungik (Presdir PT. KIFC) dan Mr. Oh Key Pyo (Direktur KIFC).

Dalam sambutannya, Kepala Balai KSDA NTB, Dr.Ir. Widada, MM., menyampaikan bahwa kerjasama ini berjalan dengan baik, kerjasama tidak hanya membangun sarpras tetapi juga SDM masyarakat serta pegawai pengelola. Kepala Balai menyampaikan harapannya agar kerjasama ini dapat berlanjut kepada promosi dan marketing serta operasional sarpras.

Dubes Korsel, Mr.Cho menyampaikan bahwa awal mula kerjasama Korea dengan Indonesia di tahun 1968, dan investasi tersebut di bidang kehutanan. Jadi sejak awal kerjasama, hutan lah yang menjadi jembatan penghubung antara pemerintah Korea Selatan dengan Indonesia.

Duta Besar Korea Selatan telah bertemu dengan Gubernur NTB, DR. K.H. TGB. Muhammad Zainul Majdi untuk meningkatkan akses jalan menuju kawasan. Semoga kerjasama ini berlanjut, tutur beliau menutup sambutan.

Setelah melakukan peninjauan, acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon Ketapang ( Terminalia catappa) di halaman gedung pusat pengunjung TWA Gunung Tunak.

(oleh: Kurniasih Nur A., S.Hut., M.Si. – PEH Balai KSDA NTB)

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply