BKSDA NTB dan Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Gelar Kampanye Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan

SALAM LESTARI! – Mataram, 19 Juli 2017. Balai KSDA NTB bersama dengan Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI), Rabu tanggal 19 Juli 2017 di Desa Mekarsari Kecamatan Praya Barat Lombok Tengah menyelenggarakan Kampanye Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Tanjung Tampa BKSDA NTB. Kegiatan ini dihadiri lebih dari 50 orang yang terdiri dari kepala dusun, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda Desa Mekarsari.

Adapun tujuan penyelenggaraan acara tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat disekitar kawasan hutan khususnya masyarakat Desa Mekarsari dalam rangka pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan. Bertindak sebagai narasumber : Dr. Ir. Widada, MM (Kepala Balai KSDA NTB), M. Lalu Fadli, SH (Ka. SKW I Lombok), Azhar, S.Pd.I (Kades Mekarsari) dan AKP Gede Ariya Dana (Polres Lombok Tengah).

Dalam acara tersebut Kepala Balai KSDA NTB menyampaikan bahwa masyarakat sekitar kawasan hutan TWA Tanjung Tampa memiliki peran penting dalam ikut menjaga dan melestarikan kawasan hutan dari berbagai gangguan salah satunya dari kebakaran hutan, selain itu disampaikan sekilas penyebab dan upaya pengendalian kebakaran hutan. Sementara AKP. Gede Ariya Dana berpesan agar masyarakat di sekitar kawasan hutan tidak melakukan pembakaran hutan karena selain menyebabkan kerusakan lingkungan, perbuatan tersebut dapat dapat dikenakan sanksi pidana sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Kegiatan kampanye juga dimeriahkan dengan pembagian topi kepada peserta, penyebarluasan informasi tentang pencegahan kebakaran hutan melalui spanduk, umbul umbul dan panggung hiburan musik bagi masyarakat. Diharapkan acara ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap upaya pengendalian kebakaran hutan TWA Tanjung Tampa dan sekitarnya yang selama ini dilaksanakan oleh Balai KSDA NTB bersama sama dengan segenap masyarakat.

Sumber : Balai KSDA NTB, 2017

DOKUMENTASI KEGIATAN

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply