Puncak Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) PROVINSI NTB Tahun 2017

SALAM LESTARI!

TWA Gunung Tunak, Lombok Tengah 06 Agustus 2017 – Dalam rangkaian peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2017, Balai KSDA NTB menyelenggarakan Jambore Konservasi dan Jelajah Alam TWA. Gunung Tunak pada hari Sabtu sd Minggu tanggal 5 sd 6 Agustus 2017 di TWA Gunung Tunak Desa Mertak Kec. Pujut Lombok Tengah. Acara ini sekaligus sebagai Puncak Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2017 Provinsi NTB. Dalam kesempatan tersebut hadir Wakil Bupati Lombok Tengah L. Pathul Bahri, SIP, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB Ir. Madani Mukarom, M. Si, Kepala Balai KSDA NTB Dr. Ir. Widada, MM dan segenap jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lombok Tengah.

Jambore Konservasi dan Jelajah Alam TWA Gunung Tunak tersebut diikuti lebih dari 450 peserta terdiri dari pelajar/mahasiswa, pecinta alam, Pramuka dan UPT KLHK serta SKPD Prov. NTB, selain untuk mengenalkan potensi wisata hutan alam di TWA Gunung Tunak, kegiatan ini juga sebagai wahana untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan kelestarian hutan dan lingkungan.

Dalam sambutannya Kepala Balai KSDA NTB Dr. Ir. Widada, MM mengharapkan dan mengajak peserta agar kegiatan ini menjadi momentum keteladanan dan aksi nyata untuk memasyarakatkan konservasi alam sebagai sikap hidup dan budaya bangsa kita. Sementara Kadis LHK Provinsi NTB Ir. Madani Mukarom, M.Si berharap agar pengembangan wisata alam dapat mempertahankan kelestarian hutan dan alam, kekhasan dan kearifan budaya lokal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar. Sedangkan Wakil Bupati Lombok Tengah L. Pathul Bahri, SIP mengapresiasi kegiatan ini dan Pemda Lombok Tengah berkomitmen dalam pengembangan wisata alam khususnya di TWA G. Tunak sehingga harapan kesejahteraan masyarakat sekitar dapat direalisasikan.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penanaman pohon sawo kecik, dan pelepasan lebih kurang 70 ekor anak penyu (tukik) hasil sitaan dan hasil penetasan semi alami kelompok masyarakat binaan BKSDA NTB dan sekaligus dilakukan pencanangan Model Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat di TWA Gunung Tunak oleh Kepala Balai KSDA NTB Dr. Ir. Widada, MM. TWA Gunung Tunak merupakan salah satu taman wisata alam di Pulau Lombok bagian selatan merupakan lokasi penting dan keberadaannya sangat dekat dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sebagai prioritas nasional pengembangan pariwisata.

Kegiatan lainnya yang diselenggarakan BKSDA NTB dalam rangkaian Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2017 antara lain : Pembinaan FK3I Forum Komunikasi Kader Konservasi Alam Indonesia di 3 Seksi Konservasi Wilayah Lombok, Sumbawa dan Bima, Bersih Lingkungan TWA berupa bersih bersih lingkungan taman wisata di Lombok dan Sumbawa tanggal 5 sd 6 Agustus 2017, Internalisasi Budaya Kerja ASN tanggal 15 Agustus 2017 diikuti UPT KLHK lingkup Provinsi NTB dan Lomba Mancing di TWA G. Tunak direncanakan tanggal 19 sd 20 Agustus 2017 direncanakan akan diikuti 700 peserta.

(Sumber : KSBTU Balai KSDA NTB – 2017)

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply