Sosialisasi Penataan Areal Sekitar TWA Danau Rawa Taliwang

SALAM LESTARI!

[Sumbawa Barat – 21 Desember 2017] – Sosialisasi rencana penataaan areal sekitar batas TWA Danau Rawa Taliwang ini merupakan salah satu bentuk kegiatan kerjasama para pihak di Antaranya adalah Pemda KSB, Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I dan Balai KSDA NTB dalam rangka Pemulihan ekosistem di TWA Danau Rawa Taliwang.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2017 bertempat di  kantor camat Taliwang kabupaten Sumbawa yang difasilitasi  oleh Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Sumbawa barat. Acara Sosialisasi ini dihadiri sekitar 38 orang masyarakat,  yang terdiri dari kepala desa, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda terutama masyarakat yang berasal dari desa-desa yang berbatasan langsung dengan TWA Danau Rawa Taliwang khususnya Kecamatan Taliwang.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada masyarakat tentang rencana penataan areal terutama TWA Danau rawa taliwang, dengan kegiatan ini diharapkan terbangunnya persepsi bersama semua pihak terhadap rencana pelaksanaan kegiatan penataan areal disekitar batas TWA Danau Rawa Taliwang.

Bentuk  Penataan areal yang akan dilakukan antara lain membangun jalan inspeksi, tanggul keliling dan penataan lanskap berupa taman untuk kepentingan publik disekitar TWA Danau Rawa Taliwang. Kedepan penataan areal disekitar kawasan TWA Danau Rawa Taliwang diharapkan dapat mendukung sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun  manca negara dan optimalisasi kawasan sebagai habitat berbagai jenis satwa dan pengendali banjir. Disamping itu yang tidak kalah pentingnya adalah dapat memberikan peningkatan  kesejahteraan bagi masyarakat sekitar kwasan.

pemaparan dari 4 narasumber yaitu dari Balai KSDA NTB, Kabag. Pemerintahan Setda Kabupaten Sumbawa barat, Polres Sumbawa Barat dan Badan Pertanahan Nasional Sumbawa Barat merupakan bagian pokok dari kegiatan sosialisasi ini, yang selanjutnya dikuti dengan sesi tanya jawab. Terkait dengan rencana penataan areal di sekitar batas luar kawasan TWA Danau Rawa Taliwang,

Terdapat dua hal pokok yang yang menonjol dalam diskusi dan tanya jawab tersebut yaitu 1) Mekanisme pengaturan pemanfaatan lahan diluar batas kawasan TWA yang belum dikuasai dan belum mempunyai alas hak, 2) Mekanisme penanganan terhadap lahan disekitar batas luas TWA Danau Rawa Taliwang yang sudah dikuasai dan sudah mempunyai alas hak. Disimpulkan sementara terhadap dua hal pokok tersebut akan dibahas dan diskusikan  lebih lanjut oleh Pemda dan SKPD terkait, untuk mendapat solusi yang tepat dan dapat diterima oleh semua pihak.

Namun demikian secara umum masyarakat sekitar  TWA Danau Rawa Taliwang khususnya di kecamatan Taliwang menyambut baik rencana penataan yang akan dilakukan pemerintah tersebut dengan harapan kegiatan tersebut kedepan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. (Sumber: PEH Balai KSDA NTB)

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply