Balai KSDA NTB dan Polsek KP3 Pelabuhan Lembar Kembali Amankan TSL tanpa Dokumen Sah

SALAM LESTARI!

Selasa 16 Januari 2018 pada pukul 22.30 WITA bertempat di pelabuhan lembar telah diamankan kendaraan TS (Truck Sedang) dengan nomor polisi DK 9564 SO oleh BKSDA NTB serta Anggota Polsek Kp3 Pelabuhan Lembar. Pengamanan dilakukan karena kendaraan tersebut membawa Satwa jenis burung yg tidak dilengkapi dokumen yang sah (SATS-DN).

Pengamanan kendaraan tersebut berawal dari informasi masyarakat bahwa ada kendaraan Truck Sedang yg lagi memuat burung dengan menggunakan dus dan keranjang di daerah Gelogor Kecamatan Kediri. Informasi pun langsung ditindaklanjuti oleh anggota POLHUT BKSDA NTB yang melakukan koordinasi dengan pihak Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar untuk melakukan pengamanan Kendaraan Truck Sedang yang dimaksud. Setelah melakukan koordinasi lanjutan, anggota KP3 beserta POLHUT BKSDA NTB langsung bergerak menuju pelabuhan Lembar dengan anggota BKSDA NTB dan melakukan pengecekan kendaraan.

Dan setelah dilakukan pengecekan, ternyata benar bahwa kendaraan tersebut mengangkut TSL tanpa dokumen sah (SATS-DN). Dan atas kebenaran tersebut kendaraan Truck Sedang diamankan di Polsek Kp 3 Pelabuhan Lembar dengan mendapatkan pengawalan dari anggota Polsek Kp 3 Pelabuhan Lembar kemudian di bawa ke Polres Lombok Barat.

Untuk jumlah keseluruhan burung yang diamankan diperkirakan kurang lebih 1500 ekor dengan jenis; 1 ekor Elang Bondol (dilindungi), 240 ekor kecial kombo, 1200 ekor Banyar, 15 ekor kepodang, 30 ekor Cerucuk, 250 ekor kecial, 15 ekor srigunting. Kendaraan berupa Truk telah diamankan dan dijadikan barang bukti di Polres Lombok Barat. Kasus di lanjutkan dan di tangani oleh Polres Lobar Reserse kriminal Unit 22 yang selanjutnya akan dibuatkan Surat Berita Acara Serah Terima Burung kepada BKSDA NTB untuk segera dilakukan pelepasliaran. (SUMBER: BKSDA NTB)

DOKUMENTASI

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply