BKSDA NTB Serahkan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif Kepada Kelompok Masyarakat “Pakirum Mandiri” TWA Danau Rawa Taliwang

Sumbawa Barat 24 Desember 2021 – BKSDA NTB menyelenggarakan kegiatan Penyerahan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif dan Pendampingan dalam rangka peningkatan kapasitas kelompok Masyarakat Sekitar Kawasan Konservasi TWA Danau Rawa Taliwang di Kelurahan Sampir Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.

Kegiatan penyerahan bantuan ini dilaksanakan di aula Kelurahan Sampir, yang di hadiri oleh kelompok Pakirum Mandiri sebagai kolompok binaan BKSDA NTB, Lurah Sampir beserta staff dan Kepala Seksi Konservasi Wilayah II beserta staff dan Anggota komisi IV DPR RI, H. Muhammad Syafrudin, S.T. M.M.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan dan dilanjutkan oleh sambutan oleh Arap S.P. selaku Kepala SKW II Sumbawa BKSDA NTB. Pada sambutanya Arap, S.P. menjelaskan tentang kondisi umum kawasan, potensi ekonomi yang bisa didapatkan di sekitar Danau guna meningkatkan pendapatan dan bisa membantu ekonomi masyarakat disekitar kawasan TWA Danau Rawa Taliwang. Dalam paparannya bapak Arap berharap keterlibatan berbagai unsur dalam mendukung kelestarian TWA Danau Rawa Taliwang, dan bersama-sama untuk berkilaborasi dalam mensejahterakan masyarakat, khususnya yang berada di sekitar TWA Danau Rawa Taliwang.

Bantuan usaha ekonomi produktif ini diharapkan mampu menjadi stimulus yang mampu merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat disekitar kawasan, dengan melakukan usaha-usaha yang memiliki karakter khas dari danau itu sendiri. Tidak lupa Beliau juga mengingatkan agar bantuan ini dikelola secara baik dan terbuka, guna tercapainya tujuan dari pemberian bantuan ini, yaitu kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan konservasi.

Sambutan selanjutnya diberikan oleh Adamudin, S.Ap. selaku Sekretaris Lurah Sampir, beliau mengapresiasi bantuan yang diberikan kepada masyarakat dari Kelurahan Sampir, khususnya kepada Kelompok Pakirum Mandiri. Sejalan dengan yang telah disampaikan tadi, Beliau mendukung secara penuh segala program yang dilakukan di Danau Rawa Taliwang, hal ini dibuktikan dengan seringnya dilakukan kunjungan kerja menuju kantor SKW II Sumbawa, dan koordinasi pihak pengelola kawasan menuju kantor Lurah Sampir. terkait bantuan yang telah diberikan, pihak Kelurahan berjanji akan turut serta dalam melakukan pengawasan dan pembimbingan kepada masyarakat, agar bantuan yang diberikan bisa berkembang dan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar kawasan, khsusunya kelompok Pakirum Mandiri.

Selanjutnya Arahan dari anggota Komisi IV DPR RI, H. Muhammad Syafrudin, S.T., M.M., beliau mendukung penuh program yang dilakukan BKSDA NTB dalam memberdayakan masyarakat penyangga TWA Danau Rawa Taliwang, hal ini sejalan dengan program dari komisi IV dalam mengurus Pertanian, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, dan Pangan.

Pemberian bantuan usaha ekonomi produktif yang diberikan secara simbolis oleh Arap, S.P. kepada perwakilan kelompok Pakirum Mandiri atas nama Ibu Siti Hawa selaku Ketua kelompok, disaksikan langsung oleh Sekretaris Lurah sampir dan Anggota Komisi IV DPR RI H. Muhammad Syafrudin, S.T., M.M. (SUMBER: BKSDA NTB)

DOKUMENTASI KEGIATAN

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply