Penyerahan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif Kepada Kelompok Masyarakat “Bina Tanjung Pasir Sejahtera” Daerah Penyangga TWA Laut Pulau Moyo

Sumbawa 23 Desember 2021 − Bertempat di Kantor Desa Dusun Aibari Desa Kukin Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa BKSDA NTB melaksanakan kegiatan Penyerahan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif dalam bentuk modal usaha sebesar Rp. 30.000.000,- (Tiga Puluh Juta Rupiah) kepada kelompok masyarakat “Bina Tanjung Pasir Sejahtera”.

Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota DPR RI komisi IV, H. M. Syahfruddin S.T, M.M., Kepala Balai KSDA NTB, Kepala SKW II Sumbawa beserta staff, Camat Moyo Utara, Danramil Moyo Utara, Kapolsek Moyo Utara, Kepala desa Kukin , serta peserta dari kelompok masyarakat “Bina Tanjung Pasir Sejahtera” Desa Kukin dengan ketua kelompok Ari Purnawansyah.

Bantuan Usaha Ekonomi Produktif bertujuan agar kelompok masyarakat “Bina Tanjung Pasir Sejahtera” dapat mengembangkan lagi usahanya yang lebih luas sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarkat sekitar TWA Laut Pulau Moyo, khususnya para anggota kelompok. Sehingga apa yang menjadi harapan Balai KSDA NTB yaitu Hutan lestari Masyarakat Sejahtera dapat terwujud dengan baik.

Dalam sambutannya Kepala Balai KSDA NTB, Joko Iswanto, S.P., M.H. menyampaikan rasa syukur dapat bersilaturahmi dengan kelompok masyarakat dan Kepala Desa Kukin. Beliau juga mengapresiasi semangat kepala desa Kukin untuk ikut serta berperan aktif menjaga kawasan TWA Laut Pulau Moyo. Beliau juga menambahkan bahwa perlu adanya pelatihan untuk mengembangkan dan menambah keterampilan kelompok dengan menggali potensi alam yang ada di TWA Laut Pulau Moyo.

Bersambung kepada Arap, S.P. Kepala SKW II Sumbawa dalam arahan juga menyampaikan bahwa Masyarakat bisa ikut mengelola kawasan konservasi dengan patuh dan ikut pada aturan yang berlaku. Beliau juga menyampaikan harapan kepada Kelompok untuk dapat memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya.

Kepala Desa Kukin juga menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada Balai KSDA NTB serta mendukung segala bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan konservasi TWA Laut Pulau Moyo dan meminta kepada kelompok penerima bantuan untuk secara sungguh-sungguh dalam menjalankan kegiatan kewajibannya dan memanfaatkan bantuan modal usaha ini dengan sebaik dan semaksimal mungkin.

Sementara itu Bapak H. M. Syafruddin menyampaikan banyak terimakasih kepada Balai KSDA NTB yang telah memberikan bantuan kepada kelompok masyarakat di Desa Kukin, dan beliau berharap bantuannya dapat dipergunakan dengan baik. Selepas kegiatan arahan dan sambutan dilakukan, kegiatan berlanjut ke penandatanganan Berita Acara Serah Terima Bantuan dari Balai KSDA NTB kepada Kelompok masyarakat “Bina Tanjung Pasir Sejahtera” dan penyerahan bantuan secara simbolis dilanjutkan dengan diskusi dan pengambilan dokumentasi. (SUMBER: BKSDA NTB)

DOKUMENTASI KEGIATAN

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply