TWA Madapangga menjadi Tuan Rumah Lomba Tanaman Obat Tradisional Tingkat Provinsi

SALAM LESTARI!

Senin 17 September 2018, Bima – Bertempat di Taman Wisata Alam Madapangga dilakukan kegiatan penilaian Lomba Tanaman Obat Tradisional tingkat Provinsi. Kabupaten Bima diwakilkan oleh kelompok tanaman obat keluarga “MECI ANGI” yang merupakan kelompok masyarakat binaan SKW III Bima BKSDA NTB.

Lomba Tamanam Obat Keluarga ini diikuti oleh 7 kelompok dari 7 Kabupaten/Kota di Provinsi NTB. Pemenang Lomba akan mendapat kesempatan untuk selanjutnya mewakili Provinsi NTB dalam Lomba Tanaman Obat Keluarga Tingkat Nasional. Pemenang Lomba Tanaman Obat Tradisional Tingkat Provinsi ini akan diumumkan bertepatan dengan Ulang Tahun Provinsi NTB pada tanggal 12 Desember 2018 nanti.

Termasuk dalam Aspek penilaian lomba antara lain, administrasi, verifikasi dokumen, pemanfaatan obat di tingkat masyarakat, penilaian langsung ke rumah-rumah anggota dalam penanaman di pekarangan, serta faktor keterlibatan stakeholder dalam pembinaan masyarakat. Yang menarik Para peserta lomba melakukan peramuan obat-obatan tradisional yang sebagian besar berasal langsung dari dalam TWA Madapangga.

Nilai tambah diberikan kepada kelompok tanaman obat keluarga MECI ANGI, karena selain untuk pemanfaatan obat tradisional, Kelompok binaan SKW III BKSDA NTB juga menjadikan tanaman obat sebagai salah satu atraksi wisata pendidik yaitu pengenalan jenis tumbuhan obat yang ada di dalam TWA.Madapangga.(Sumber : SKW III Bima BKSDA NTB)

DOKUMENTASI KEGIATAN

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply