Workshop Penguatan Kapasitas SDM Kelompok Tunak Besopoq

SALAM LESTARI!

Lombok Tengah 29 Januari 2019 – Dengan judul “Workshop Penguatan kapasitas SDM Kelompok Tunak Besopoq dalam Penyelenggaraan Wisata Alam di TWA Gunung Tunak”, kegiatan workshop kali ini diikuti oleh 30 peserta dari para anggota kelompok Tunak Besopoq yang dibuka oleh Kepala Balai KSDA NTB.

Motivasi dan presentasi pertama disampaikan oleh co-director Korea Indonesia Forest Center, Mr. Sugeng Marsudiarto. Beliau menyampaikan dukungan KIFC bagi kesejahteraan kelompok masyarakat, memotivasi dan mengajak mulai belajar mengelola wisata alam. Beberapa poin yang beliau sampaikan mengenai tips sukses dalam bekerja di bidang wisata alam.

Materi kedua disampaikan oleh kepala balai KSDA NTB, Ir. Ari Subiantoro, MP, beliau menyampaikan sistem pengelolaan yang sudah berjalan dan strategi pengelolaan kedepan, data kemajuan yang telah dicapai kelompok Tunak Besopoq sampai dengan bulan Desember 2018, dan peningkatan PNBP kunjungan dan pemasukan kelompok.
Selanjutnya materi terakhir disampaikan oleh Manager Unit Manajemen TWA Gunung Tunak, Lalu Sandika Irwan. Ia juga menyampaikan bahwa kelompok Tunak Besopoq harus siap peluang dan tantangan pengembangan wisata alam kedepan.

Workshop ini merupakan kelanjutan dari proses kerjasama antara KIFC (Korea Indonesia Forest Center) dengan BKSDA NTB (Balai Konservasi Sumber Daya Alam NTB) dalam bidang Wisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism) di Taman Wisata Alam Gunung Tunak. (SUMBER : BKSDA NTB)

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply