Menuju Gerakan NTB Zero Waste Province 2023

Mataram 10 Februari 2019 – Bertepatan dengan kegiatan Car Free Day Kota Mataram di Jalan Udayana, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB menyelenggarakan Inspiratif Expo 2019 yang mengusung tema “Menuju NTB Bebas Sampah Tahun 2023”.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB serta Perwakilan UPT Pusat yang hadir yakni dari Balai KSDA NTB, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani dan BPDAS HL Dodokan Moyosari. Insipratif Expo 2019 dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur NTB Ibu Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd dan Sekretaris Daerah NTB Bapak Ir. H. Rosiady H. Sayuti, M. Sc, Ph.D. Kegiatan juga bertepatan dengan perayaan Ulang Tahun Badan POM yang ke-18.

Dalam Sambutan, Ibu Wakil Gubernur kembali menekankan,

“Jika kita mau tidak ada banjir, tidak ada longsor, mari menjaga dan mencintai lingkungan, mudah-mudahan kesadaran kita menjaga lingkungan bisa tumbuh dari diri kita sendiri. Mudah-mudahan masyarakat NTB makin sehat dan rajin berolahraga, mari kita sukseskan Zero Waste di NTB,”

Wakil Gubernur NTB Ibu Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd

Sebagai bagian dari rangkaian acara, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB turut mengadakan Lomba Pungut Sampah disekitar lokasi acara yang diikuti oleh Masyarakat Umum serta rekan-rekan dari Saka Wanabakti NTB. Masing-masing peserta mendapat satu Kantong Plastik dan Sarung Tangan untuk kemudian peserta disebar dan mengumpulkan sampah sebanyak mungkin. Peserta yang kembali dengan membawa sampah terberat mendapat doorprize di akhir acara.

Disaat bersamaan, BKSDA NTB selaku UPT Pusat turut hadir sebagai bentuk pemberian dukungan serta ajang sosialisasi mengenai kawasan konservasi dan pengamanan TSL kepada masyarakat. Kegiatan Sosialisasi juga dibantu melalui Pembagian souvenir kepada masyarakat berupa Kalender, Gantungan kunci, Topi dan lain-lain.

Sebagai informasi bahwa terdapat 4 Gerakan Utama dari “Menuju NTB Bebas Sampah Tahun 2023” yakni “Kantor Bebas Sampah”, “1 Desa 1 Bank Sampah”, “Sekolah Bebas Sampah” dan “Kantor Tanpa Kertas (Paperless Office)”. Launching Program Zero Waste Province 2013 ini ditandai oleh Ibu Wakil Gubernur dengan pelepasan burung merpati yang didampingi oleh Kepala OPD yang hadir. Selain lomba, kegiatan juga termasuk pembagian hadiah dan voucher, pembacaan puisi oleh mahasiswi Universitas Mataram, Pentas musik dan lainnya. (SUMBER : BKSDA NTB)

DOKUEMTASI KEGIATAN

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply