6 Kawasan Konservasi, 350 Peserta dan 3,5 Ton Sampah dalam Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 di Kawasan Konservasi NTB

Para Peserta Aksi Bersih Sampah di TWA Semongkat

Lombok Tengah 04 Maret 2019 – Dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2019, BKSDA NTB bersama masyarakat, Kelompok Tunak Besopoq dan Pemegang IUPSWA melakukan aksi bersih sampah yang dipusatkan di Pantai Teluk Ujung dan Pantai Bilasayak TWA Gunung Tunak.

Kegiatan di TWA Gunung Tunak diawali dengan Apel Kegiatan yang dipimpin oleh Plh. Kepala Balai, Bapak L. Muhammad Fadli, S.H. (Kepala SKW I Lombok) yang menyampaikan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc. dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019. Isi sambutan mengajak seluruh peserta untuk lebih peduli terhadap lingkungan melalui pengelolaan sampah dengan menerapkan prinsip mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang (3R – Reduce, Reuse, Recycle).

Sementara itu Kepala Balai KSDA NTB Ir. Ari Subiantoro, M.P. yang menghadiri kegiatan di TWA Semongkat Sumbawa juga menyampaikan hal serupa. Arahan lanjutan yakni Aksi Bersih Sampah di fokuskan kepada sampah plastik yang dijumpai di Pos Kerja serta pada jalur menuju spot wisata termasuk gerbang pintu masuk di masing-masing TWA. Tiap peserta dibekali satu karung untuk kemudian disebar dan mengumpulkan sampah sebanyak mungkin dan dikumpulkan di truk sampah/tempat lain yang disediakan.

Tak Hanya TWA Gunung Tunak dan TWA Semongkat (SKW II Sumbawa), Aksi Bersih Sampah di Taman Wisata Alam juga dilakukan di TWA Kerandangan (SKW I Lombok), TWA Suranadi (SKW I Lombok), TWA Madapangga (SKW III Bima) dan CA Toffo Kota Lambu (SKW III Bima).

Kegiatan diikuti oleh para Staff Balai dan masing-masing SKW, masyarakat, komunitas, kelompok masyarakat, Pemerintah Daerah, Aparat Desa, Kelompok Pecinta Alam, Balai KPH, Kader Konservasi, Masyarakat Mitra Polhut dan siswa-siswi Sekolah Dasar dengan total lebih dari 350 orang dan sekitar 3,5 Ton sampah yang tersebar di 6 Kawasan Konservasi.

Diharapkan aksi bersih sampah ini dapat menularkan kepada pengunjung dan masyarakat untuk lebih baik lagi dalam mengelola dan mengurangi sampah dalam kehidupan sehari-hari yakni dengan membiasakan membawa botol minuman yang dapat digunakan kembali (tumbler), membawa wadah sendiri untuk membeli makanan dan minuman, membawa tas belanja sendiri, serta memakai sedotan (stainless) yg dapat dipakai kembali. Dan terakhir dengan tidak membuang sampah sembarangan dan senantiasa membawa sampahnya kembali. (Sumber : BKSDA NTB)

Hari Peduli Sampah Nasional 2019
Gerakan Indonesia Bersih!
Ayo Kelola Sampah untuk Hidup yang Bersih, Sehat dan Bernilai!

Kepala Balai KSDA NTB, Kepala SubBagian Tata Usaha bersama Peserta Aksi Bersih Sampah HPSN 2019
Para Peserta Beraksi dalam Aksi Bersih Sampah HPSN 2019

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply