Penutup Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Bakti Rimbawan Tahun 2019 di NTB Bersama Gubernur Provinsi NTB

SALAM LESTARI!

Mataram 21 Maret 2019 – Dalam rangka Peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-36 Tahun 2019 sekaligus Kegiatan GERBANG MAS (Gerakan Anak Bangsa Menanam Serentak), Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB mengadakan Acara yang berlokasi di KHDTK (Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus) Rarung, Desa Pemepek Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah dengan agenda Penanaman dan Kunjungan Pengelolaan Bambu Lestari yang dihadiri oleh Gubernur NTB, Bapak Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc.

Acara dihadiri oleh langsung oleh Bapak Gubernur beserta OPD di NTB, Perangkat Desa, Masyarakat dan UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di NTB yakni BKSDA NTB, BPDAS HL Dodokan Moyosari, Balai TN Gunung Rinjani, Balai TN Tambora, GAKKUM Provinsi NTB, Balai KPH, Kapolsek Pringgarata, Saka Wanabakti NTB serta siswa-siswi dari SMK Kehutaran Qamarul Huda NTB.

Dalam Kegiatan, Bapak Gubernur NTB menyempatkan untuk melakukan penanaman secara simbolis bersama dengan Perangkat OPD, Dinas dan UPT Pusat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dengan penanaman secara simbolis ini, total telah ditaman sebanyak 1250 pohon menyambung dari kegiatan GERBANG MAS (Gerakan Anak Bangsa Menanam Serentak) beberapa hari sebelumnya.

Selepas Penanaman, Bapak Gubernur NTB kembali melanjutkan ke lokasi Penanaman dan Pengembangan Bambu lestari yang didampingi oleh Kepala BPTHHBK Mataram beserta Ibu Dr. Ir. P K Diah Kencana MS, Peneliti Bambu dari Universitas Udayana, Bali. Dalam Presentasi dihadapan Bapak Gubernur, Ibu Diah menyampaikan bahwa Bambu Tabah merupakan jenis yang cocok untuk iklim di NTB. Selain batang bambunya yang bisa dimanfaatkan, Rebung Bambu Tabah ini juga bisa dimanfaatkan untuk Industri Pangan.

Berlanjut ke lokasi Acara Puncak, Dalam Sambutan Bapak Gubernur NTB, beliau menyampaikan pentingnya keberadaan hutan bagi kelangsungan hidup umat manusia dan Pemerintah Provinsi NTB sangat serius dalam menghadapi permasalahan lingkungan hidup dan kehutanan di NTB. Salah satu bentuk keseriusan ini, Pemerintah Provinsi NTB memberikan beasiswa bagi 50 siswa SMK Kehutanan Qomarul Huda, Kecamatan Nermada, Kabupaten Lombok Barat. Bapak Gubernur bermaksud memberikan beasiswa kepada siswa tersebut untuk memotivasi mereka agar belajar tentang kehutanan dan mencintainya. Tidak hanya di Lombok, siswa SMK Kehutanan yang ada di Pulau Sumbawa juga akan dberikan beasiswa yang sama.

Sebagai informasi, “Gerbang Mas” (Gerakan Anak Bangsa Menanam Serentak) merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian peringatan hari Bakti Rimbawan ke-36 tahun 2019. Gerbang Mas merupakan gerakan yang digagas oleh para rimbawan dan rimbawati seluruh Indonesia yang diharapkan dapat menjadikan penyemangat untuk terus menularkan kebaikan bagi lingkungan sekaligus menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat luas untuk mulai memulihkan, menjaga dan melestarikan lingkungan. (Sumber: BKSDA NTB)

DOKUMENTASI KEGIATAN

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply