Cegah Konflik Satwa, BKSDA NTB Evakuasi 1 Ekor Buaya Muara

SALAM LESTARI!

Selasa 12 Juni 2019 – BKSDA NTB melalui perwakilan Polisi Kehutanan SKW II Sumbawa menindaklanjuti laporan dari Camat Lunyuk mengenai satu ekor buaya yang ditangkap oleh warga.

Perjumpaan Satwa bermula ketika warga tengah beraktifitas Mencari Kepiting di Pantai Lunyuk Desa Emang Lestari. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Warga yang melihat langsung bertindak menangkap buaya yang dimaksud untuk diamankan mengingat lokasi perjumpaan yang dekat pemukiman warga.

1 (Satu) Ekor Buaya Muara (Crocodylus porosus) yang diamankan sempat menjadi atraksi bagi Warga Desa Emang Lestari yang dipertontonkan di Lapangan Desa. Namun, Jumat 7 Juni 2019 Kepala Desa segera melapor ke Polisi yang kemudian diteruskan ke Petugas BKSDA NTB di SKW II Sumbawa.

Setibanya di Lokasi, Petugas SKW II Sumbawa mendapati buaya telah dipindah warga dari lapangan desa ke Sungai terdekat dalam kondisi terikat. Proses Evakuasi pun segera dilakukan beramai-ramai oleh Petugas bersama warga Desa. Bertolak dari Desa Empang Lestari, Buaya selanjutnya diamankan di Kantor SKW II Sumbawa yang selanjutnya berangkat menuju Mataram.

Di Kantor BKSDA NTB di Mataram Senin 10 Juni 2019, Sesuai Rencana Buaya selanjutnya akan dititip-rawatkkan di Lembaga Konservasi Satwa “Elephant Sanctuary” binaan BKSDA NTB di Lombok Utara. Dengan ini, BKSDA NTB mengajak masyarakat untuk menjaga habitat buaya karena Buaya Muara (Crocodylus porosus) merupakan salah satu jenis satwa yang dilindungi berdasarkan PP No. 7 Tahun 1999. (SUMBER : BKSDA NTB)

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply