BKSDA NTB Amankan 5 Kardus Burung Endemik Sumbawa dari Kargo Bandara

SALAM LESTARI!

Jumat 5 Juli 2019 – BKSDA NTB menindaklanjuti informasi adanya pengiriman satwa melalui kargo di Lombok International Airport, Lombok Tengah.

Tim Penanganan TSL BKSDA NTB pun bergerak cepat menuju lokasi dan benar menemukan 50 ekor Burung Samyong yang dimasukkan ke dalam 5 buah kardus yang akan berangkat menuju Surabaya.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Tim, didalam kardus didapati Sertifikat Kesehatan Hewan yang diterbitkan oleh Badan Karantina Pertanian, namun penyitaan tetap dilakukan oleh Tim BKSDA NTB lantaran Dokumen yang menyertai Pengiriman Satwa tidak sesuai. Timbul kecurigaan juga bahwa satwa yang dimaksud merupakan hasil tangkapan dari alam liar, bukan budidaya.

Hingga berita ini diturunkan, satwa langsung diamankan menuju Kantor BKSDA NTB di Mataram. Satwa pun diamankan ke kandang yang lebih layak untuk proses penyelidikan lebih lanjut dan dan rencana pelepasliaranliaran jika yang bersangkutan tidak bisa menunjukkan bukti bahwa burung ini hasil budidaya.

Sebagai informasi, Burung Samyong atau Bare-throted Whistler (Pachycephala nudigula) merupakan satwa endemik. Namun burung ini sangat populer dikalangan Penggiat Burung Berkicau karena kemampuannya menirukan suara burung lain. Dialam liar, suara khas dan merdu Burung Samyong ini kerap kali menggema di kawasan Hutan di wilayah Kepulauan Nusa Tenggara hingga ke Flores yang merupakan wilayah sebarannya. (SUMBER : BKSDA NTB)

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply