Kepedulian Pemerintah Daerah terhadap Kawasan Konservasi

SALAM LESTARI!

Rabu, 04 September 2019 – Wakil Bupati Kab. Sumbawa Barat Bapak Fud Syaifuddin, S.T. ditengah kesibukan menyempatkan diri untuk berkunjung ke Kantor BKSDA NTB di Mataram. Kunjungan kali ini membahas pembangunan di salah satu kawasan konservasi yang berada di Kab. Sumbawa Barat, yakni TWA Danau Rawa Taliwang atau Masyarakat sekitar lebih mengenal dengan nama “Danau Lebo Taliwang”. Bapak Wakil Bupati Sumbawa Barat diterima langsung oleh Kepala Balai KSDA NTB, KSBTU dan Kepala SKW II Sumbawa.

Melalui Pembangunan yang selama ini telah dilakukan oleh BKSDA NTB sebagai pengelola, kini TWA Danau Lebo Taliwang telah menjadi Destinasi Wisata yang cukup diminati di Kab. Sumbawa Barat. Diakui juga oleh Pemerintah Kab. Sumbawa Barat bahwa mereka sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh BKSDA NTB selaku UPT Pusat KHLK untuk TWA Danau Rawa Taliwang selama ini, tetapi mereka juga ingin ada peran Pemerintah Daerah dan masyarakat disekitar TWA.

“Bahaya sekali kalau mereka (masyarakat) tidak dilibatkan dalam memajukan kawasan ini. Apakah itu sekedar menanam atau apa, mungkin penyediaan bibit nanti bisa disupport dari BKSDA” ujar Beliau.

Niat baik dari Pemda Kab. Sumbawa Barat ini pun melahirkan pertemuan lanjutan pada minggu depan dimana BKSDA NTB akan dipertemukan dengan Tokoh dan kelompok Masyarakat sekitar TWA, Dinas Pariwisata dan Dinas PU Kab. Sumbawa Barat.

“Kami siap. Pertemuan langsung disana (TWA Danau Lebo Taliwang) saja, jadi gampang dan langsung terlihat mana yang kurang sehingga pembagian tugas nanti jelas” ujarnya. Pertemuan singkatpun ditutup dengan foto bersama sebelum Bapak Wakil Bupati Sumbawa Barat berlanjut menghadiri agenda acara ditempat lain. (SUMBER : BKSDA NTB)

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply