Taman Wisata Alam Laut Pulau Moyo, Labuhan Badas – Kabupaten Sumbawa

UZ5Z1199

Potensi Wisata Pulau Moyo

Tentang Pulau Moyo

Iklim di Pulau Moyo umumnya beriklim tropis. Curah hujan antara 1250 mm/th di daerah rendah dan 1500 – 2000 mm/th di daerah yang tinggi. Keadaan perairan di TWAL Pulau Moyo mempunyai dasar perairan yang landai. Wilayah dasar perairan yang dangkal umumnya ditumbuhi berbagai jenis koloni karang dengan pola penyebaran yang bervariasi antara mengelompok dan patchy coral serta merupakan habitat berbagai biota karang. Selain itu di bagian antara koloni karang yang kosong merupakan substrat berpasir sedikit berbatu.

Secara Administratif Pulau Moyo terletak di Desa Labuan Aji dan Desa Sebotok Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat.  Pulau Moyo terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa. Secara astronomis, Pulau Moyo berada pada 117º27’43” – 117º35’42” Bujur Timur dan 8º9’36” – 8º23’19” Lintang Selatan.

Kondisi airnya secara umum jernih dan khususnya di bagian yang dangkal penetrasi sinar matahari dapat mencapai dasar perairan. Hal tersebut memungkinkan pertumbuhan berbagai biota dasar perairan menjadi subur. Adapun pola arus nampaknya cenderung dipengaruhi oleh keadaan laut di sekitarnya seperti cuaca, tinggi gelombang dan pasang surut. Selain itu khususnya di perairan bagian selatan Pulau Moyo arus laut umumnya relatif deras mengingat daerah tersebut merupakan selat antara pulau tersebut dengan daratan Pulau Sumbawa.

Pulau Moyo merupakan salah satu destinasi wisata kelas dunia yang kerap dimanfaatkan selebritis mancanegara untuk berwisata sunyi, Taman Wisata Alam Laut (TWAL) pulau Moyo dikelola oleh pihak ketiga yang menyediakan akomodasi bagi anda yang hendak berwisata.

Salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke kawasan ini adalah keindahan alam bawah lautnya. Berbagai jenis terumbu karang dan ikan hias yang beranekaragam yang dapat anda nikmati dengan Snorkling maupun diving, disamping itu anda dapat pula berjemur di hamparan pasir putih menikmati sengatan matahari, keindahan dan kesunyian alam Pulau Moyo. Disamping itu, Air terjun berundak Mata jitu yang berada di taman buru Pulau Moyo menjadi pula daya tarik wisata. Di sepanjang jalan menuju air terjun tersebut, dapat anda jumpai aneka macam burung dan salah satu diantaranya adalah megapodius.

Bagaimana cara mencapai TWAL Pulau Moyo?

  • Mataram – Sumbawa, kendaraan udara (30 menit)
  • Sumbawa – Labuan Badas, kendaraan darat (15 menit)
  • Labuhan Badas – Pulau Moyo, kendaraan air (40 menit)
  • Mataram – Labuhan Lombok, kendaraan darat (2 jam)
  • Labuhan Lombok – Poto Tano, kendaraan air (2 jam)
  • Pototano – Labuhan Badas, kendaraan darat (1 jam)
  • Labuhan Badas – Pulau Moyo, kendaraan air (40 menit)

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply