DIRJEN KSDAE Dalam Ruang Diskusi Konservasi Bersama Keluarga Besar (Extended Family) BKSDA NTB

SALAM LESTARI!

Lombok Tengah, 21 Februari 2021 – Direktur Jenderal KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ir. Wiratno, M.Sc melaksanakan kunjungan kerja ke TWA Gunung Tunak Desa Mertak Kecamatan Pujut Lombok Tengah. Turut serta mendampingi kunjungan beliau yakni Direktur PJLHK Dr. Nandang Prihadi, S. Hut., M.Sc., Plt. Direktrat KK Ratna Hendratmoko, S.H., M.Hum., Kasubdit PWA serta Setditjen KSDAE. Rombongan didampingi oleh Kepala Balai TN Gunung Rinjani yang juga merangkap Plt. Kepala BKSDA NTB, Dedy Asriady, S.Si., M.P.

Kedatangan Rombongan Kunjungan Kerja Dirjen KSDAE disambut ramah oleh Ketua Kelompok “Tunak Besopoq” selaku pengelola “Tunak Cottage” yang menjadi lokasi acara.

Selepas Penyambutan, kegiatan berlanjut ke Bimbingan Teknis dan Diskusi di Aula Serbaguna yang dihadiri Asosiasi Sonokeling, Asosiasi pengusaha karang, Pengusaha IUPSWA, Tokoh Masyarakat Desa Mertak serta staf BKSDA NTB. Senyum ramah dari bapak konservasi yang rendah hati membuat suasana ramah tamah dengan Mitra BKSDA NTB di Aula kala itu menjadi hangat.

Diskusi santai pun berlanjut ke ajang “curhat” oleh peserta yang hadir. Beberapa langsung ditanggapi oleh Dirjen KSDAE beserta jajarannya, sementara sisanya membutuhkan tindak lanjut di lain hari. Namun yang paling ditekankan Beliau adalah, ““Pemerintah ada untuk mempermudah kebutuhan masyarakat, jadi jangan sampai ada pejabat atau staf yang mempersulit. Jika ada staf saya yang mempersulit, main-main atau meminta pungutan liar selain PNBP, langsung lapor! Catat nomor HP saya” ujar Beliau.

Kegiatan kemudian bersambung kepada Penyerahan Piagam Penghargaan kepada “Extended Family” BKSDA NTB berdasarkan kriteria 5K (Kepedulian, Keberpihakan, Kepeloporan, Konsistensi dan Kepemimpinan) dalam dukungan pengamanan, penggiat kegiatan wisata serta pelesatarian Kawasan Konservasi bersama masyarakat sekitar. Total 13 orang penerima yakni:

  • Moh. Syahnan (Kepala Desa Mertak)
  • Azhar, S.Pdi. (Kepala Desa Mekarsari)
  • Akhmad Gunarta (Babinkamtibmaspol Desa Mertak)
  • Baharuddin (Babinkamtibmaspol Desa Mertak)
  • H. Bangun (Tokoh Masyarakat)
  • Ruslan Kanadi (Polhut Penyelia BKSDA NTB)
  • I Wayan Minggir (Polhut Penyelia BKSDA NTB)
  • Muhammad (Polhut Penyelia BKSDA NTB)
  • Kurniasih Nur Afifah, S.Hut., M.Si. (PEH Muda BKSDA NTB)
  • Lalu Suprianto, S.Hut., M.Sc. (PEH Muda BKSDA NTB)
  • Lalu Gede Gangga Widarma (PEH Pelaksana Lanjutan BKSDA NTB)
  • Devi Natalia (PEH Pelaksana Lanjutan BKSDA NTB)
  • Sukiman Minjaini (PPNPN BKSDA NTB)

Kegiatan diakhiri dengan penanaman satu pohon Nyamplung (Calophyllum inophyllum) secara simbolis oleh Dirjen KSDAE.

Sebagai informasi, “Tunak Cottage” yang merupakan sarana dan prasanana ekowisata berbasis Masyarakat di TWA Gunung Tunak hasil kerjasama Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama dengan Pemerintah Korea melalui Korea Indonesia Forest Center. Sarana dan Prasanan ini sendiri dikelola oleh Kelompok Masyarakat “Tunak Besopoq” dari Desa Mertak yang merupakan Desa Penyangga TWA Gunung Tunak. (SUMBER: BKSDA NTB)

DOKUMENTASI KEGIATAN

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply