BKSDA NTB Terima Penyerahan Sukarela 2 Satwa Dilindungi dari Masyarakat

SALAM LESTARI!

Senin, 22 Maret 2021 – BKSDA NTB menerima penyerahan sukarela 2 ekor satwa burung dilindungi dari seorang warga Kota Mataram. Satwa dilindungi tersebut berupa 1 ekor kakatua jambul kuning (Cacatua sulphurea) dan 1 ekor kakatua Tanimbar (Cacatua goffiniana).

Berasal dari informasi mitra BKSDA NTB, diketahui bahwa ada seorang warga di Cakranegara yg memelihara burung dilindungi. Tim BKSDA NTB pada Hari Kamis tanggal 18 Maret 2021 langsung menuju lokasi dan menghimbau agar satwa dilindungi berupa kakatua jambul kuning dan kakatua Tanimbar yang dipelihara agar diserahkan kepada negara melalui BKSDA NTB. Pada kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa memelihara satwa dilindungi termasuk pelanggaran undang-undang, dan pelanggaran tersebut dapat dikenai sanksi pidana maksimal 5 tahun dan denda maksimal 100 juta sesuai UU no 5 tahun 1990.

Akhirnya upaya persuasif tim BKSDA NTB membuahkan hasil, dan warga tersebut menyerahkan burung yang dilindungi setelah menghubungi BKSDA NTB melalui mitra.

Satuan tugas penanganan satwa liar BKSDA NTB dengan cepat menuju lokasi dan membawa kedua jenis burung dilindungi tersebut ke kantor BKSDA NTB. Ucapan terimakasih diucapkan tim kepada warga yang atas kesadarannya menyerahkan satwa dilindungi. Dalam waktu dekat tim BKSDA NTB akan menyampaikan sertifikat penghargaan kepada warga tersebut karena telah memberi contoh yang baik.

Jenis kakatua jambul kuning merupakan jenis burung dilindungi yang banyak dipelihara dan dijualbelikan secara ilegal. Seperti disampaikan di depan bahwa memelihara, memiliki, menyimpan, memperdagangkan satwa dilindungi baik hidup, mati maupun bagian-bagiannya merupakan tindakan yang melanggar hukum. Pelaku diancam dengan pasal-pasal pada Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 yaitu hukuman maksimal 5 tahun penjara dan denda maksimal 100 juta rupiah.

Kepada masyarakat dihimbau agar melaporkan kepada BKSDA NTB jika menemui warga yang memelihara satwa dilindungi. (SUMBER: BKSDA NTB)

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply