Kegiatan Workshop dan Seminar “Percepatan Pengembangan Taman Nasional Gunung Tambora dan Perwujudan Kawasan Gunung Tambora Menuju Geopark Nasional”

workshop-seminar-tngt-geopark-02-des15-lombok-raya (17)

[Materi dan Galeri Foto Kegiatan tersedia dibagian bawah artikel]

Pada Hari Rabu, 02 Desember 2015 Balai KSDA NTB, Bappeda Prov. NTB danWWF menyelenggarakan kegiatan Workshop dan Seminar di Hotel Lombok Raya, Mataram yang bertajuk “Percepatan Pengembangan Taman Nasional Gunung Tambora dan Perwujudan Kawasan Gunung Tambora Menuju Geopark Nasional”

workshop-seminar-tngt-geopark-02-des15-lombok-raya (7)

Bapak Dr. Ir. Widada, MM (Narasumber) Kepala BKSDA NTB

Acara ini Dihadiri oleh Bapak Dr. Ir. Widada, MM (Narasumber) Kepala BKSDA NTB sekaligus Plt. Kepala Balai TNGT, Bapak Ir. Ilham, MM. (Pembuka Acara) yang mewakili Kepala Bappeda Prov. NTB, Bapak Samsudin (Kasubid SDA, Bappeda Prov NTB) juga Ibu Dr. Ayu Dewi Utari (Narasumber) dari Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Juga turut mengundang Dir Reskrimun POLDA NTB, pimpinan organisasi yang diantaranya WWF NTB dan Walhi NTB juga perwakilan mahasiswa dari Universitas Mataram.

Tak Hanya dari Lombok, Seminar kali ini juga mengundang rekan-rekan dari Kabupaten Dompu yakni Ibu Miftahul Suadah, ST. selaku Kasubid Prasarana Wilayah Bappeda & Litbang Kabupaten Dompu serta para Kepala Desa Dompu (Dorokobo, Kempo, Ta’a, Soro, dll). Sedangkan wilayah Bima yang meliputi bapak Indra Jaya selaku kepala Bappeda Provinsi Bima, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dompu dan Kepala Desa Kore dan Desa Kawinda. Dan untuk wilayah Tambora mengundang Tokoh Masyarakat di Kawasan Gunung Tambora dan LSM yang terdapat di Kawasan Gunung Tambora.

workshop-seminar-tngt-geopark-02-des15-lombok-raya (5)

Ibu Dr. Ayu Dewi Utari

Acara membahas kesiapan Taman Nasional Gunung Tambora menuju Geopark Nasional, Masterplan oleh Bappeda Provinsi NTB, potensi yang dimiliki, pembangunan infrastruktur guna aksesibilitas dan promosi Taman Nasional serta permasalahan yang kerap kali timbul. Ibu Dr. Ayu Dewi Utari selaku narasumber dengan pengalaman mengembangkan Daerah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru membawakan materi “Kunci Sukses Taman Nasional Bromo Tengger Sebagai Kawasan Ekowisata Unggulan” memaparkan point-point penting guna pengelolaan dan pengembangan Taman Nasional Gunung Tambora dengan baik kedepannya seperti bagaimana teknik branding dan promosi untuk meningkatkan tingkat kunjungan turis baik lokal maupun mancanegara yang secara tidak langsung akan berdampak positif pada perekonomian masyarakat sekitar daerah Taman Nasional.

Selanjutnya Bapak Dr. Ir. Widada, MM selaku Kepala BKSDA NTB sekaligus Plt. Kepala Balai TNGT yang membawakan materi “Rencana Pengelolaan Taman Nasional Gunung Tambora” membahas mengenai penjabaran kebijaksanaan pembangunan, pengembangan dan pengelolaan Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT) dengan sasaran terwujudnya pengelolaan TNGT sesuai dengan fungsinya sebagai kawasan konservasi secara optimal guna menunjang pembangunan nasional khususnya pada sektor wisata. Selain itu juga dijelaskan daya tarik potensi KEHATI (Keanekaragaman Hayati) yang diantaranya termasuk flora dan fauna, Potensi Jasa Lingkungan, Wisata Alam diantaranya Jungle Track, Wisata Tirta (Air), Wisata Petualangan serta Wisata Ilmiah yang terdapat pada kawasan Taman Nasional.

Langsung menuju kepada sesi diskusi dan tanya jawab yang dimana para peserta Seminar dan Workshop menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan yang dihadapai Taman Nasional seperti diantaranya kebersihan Taman Nasional, Aksesibilitas dari dan menuju ke Taman Nasional dan Illegal Logging (Penebangan Liar) masih sering terjadi.

Dipenghujung Workshop dan Seminar ini dipaparkan beberapa kesimpulan yang diantaranya diperlukan dukungan multipihak dalam pengembangan TNGT dan Geopark Tambora juga perlu ada optimalisasi tim kerja percepatan pengembangan TNGT dan Geopark Tamboradan tak lupa Dukungan infrastruktur di lingkar Tambora. Acara diakhiri dengan Foto bersama Narasumber dan Peserta Seminar.

workshop-seminar-tngt-geopark-02-des15-lombok-raya (20)

Galeri Foto Kegiatan Workshop dan Seminar “Percepatan Pengembangan Taman Nasional Gunung Tambora dan Perwujudan Kawasan Gunung Tambora Menuju Geopark Nasional”

Materi Kegiatan [Format PDF]:

Sambutan Ka Bappeda Seminar & Workshop geopark Tambora Des 2015112.7 KB

Workshop TNGT oleh Bapak Dr. Ir. Widada, MM Kepala BKSDA NTB6.6 MB

KUNCI SUKSES TNBTS SEBAGAI KAWASAN EKOWISATA UNGGULAN oleh Ibu Dr. Ayu Dewi Utari5.9 MB

Geodiversity Tambora Lowres1.9 MB

Seminar Tambora 2 Desember 2015 oleh Bappeda Prov. NTB6.4 MB

Paparan Geopark Tambora oleh Kepala Bappeda Kab. Bima2.5 MB

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply