Kegiatan Kunjungan Sekolah (School Visit) Balai KSDA NTB

Pada bulan Desember 2015 tahun lalu, Balai KSDA NTB mengadakan kegiatan mengunjungi sekolah atau school visit, lebih tepatnya pada 22-23, 27-28, 28-29 Desember 2015. Kegiatan dilakukan pada 3 sekolah yakni SMAN 7 Mataram, SMAN 5 Mataram dan SMK Kehutanan Qomarul Huda.

Bertindak sebagai pembicara dalam kegiatan adalah Bapak Ivan Juhandara, SP., selaku Penganalisis Data Perencanaan Kerjasama dan Kehumasan Balai KSDA NTB, Ibu Kurniasih Nur Afifah, S.Hut, M.Si.,  dan Ibu Trisnaningsih S.Hut., selaku Pengendali Ekosistem Hutan, serta tak lupa juga mengundang dokter hewan Bapak Drh. Muhammad Irvan Sabri yang memberikan materi mengenai penyakit-penyakit  hewan.

Beberapa materi yang disampaikan kepada siswa-siswi selaku peserta school visit antara lain mengenai informasi kawasan konservasi wilayah NTB, penyebaran keanekaragaman hayati (KEHATI), di kawasan konservasi serta informasi mengenai flora dan fauna yang dilindungi Undang-undang.

Para peserta School Visit menjawab pertanyaan

Para peserta School Visit menjawab pertanyaan

Kemudian acara dilanjutkan dengan tanya-jawab yang disambut antusias tinggi oleh siswa-siswi peserta school visit. Diantara pertanyaan yang diajukan seperti,

  • Jenis-jenis penyakit pada satwa?
  • Penyakit-penyakit yang ditimbulkan oleh anjing liar?
  • Alasan tidak boleh memberi makan satwa liar secara langsung ketika mengunjungi kawasan konservasi?
  • Apa saja tugas-tugas dari Balai KSDA NTB?
  • Metode yang dilakukan untuk monitoring Karang?
  • Apa alasan tidak boleh memelihara satwa yang dilindungi serta apa itu penangkaran?

Selain sesi pertanyaan, acara juga termasuk pembagian doorprize untuk para peserta yang berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan pembicara mengenai materi yang baru saja disampaikan berupa kalender meja dan buku kawasan konservasi. Semoga kunjungan Balai KSDA NTB mampu memberikan tambahan ilmu dan kesadaran kepada siswa-siswa/i untuk menjaga, tidak merusak, serta melestarikan Keanekaragaman Hayati. Akhir acara ditutup dengan foto bersama dan penyerahan bibit kepada siswa-siswa peserta school visit.

GALERI FOTO Kegiatan Kunjungan Sekolah (School Visit) Balai KSDA NTB

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply