Kegiatan Pertemuan Kader Konservasi SKW I Lombok, TWA Gunung Tunak

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini yakni 26-27 Desember 2015 bertempat di Taman Wisata Alam Gunung Tunak.

Kegiatan bertujuan untuk diskusi antar-kader dengan Balai KSDA NTB, pertukaran ide, pendapat termasuk permasalahan yang muncul dikawasan konservasi masing-masing kader. Beberapa Perwakilan Kader Konservasi yang hadir berasal dari Wilayah TWA (Taman Wisata Alam) Tanjung Tunak sendiri, TWA Bangko-banko, TWA Tanjung Tampa, TWA Kerandangan dan TWA Suranadi.

Acara dibuka oleh Bapak Dr. Ir. Widada, MM selaku Kepala Balai KSDA NTB yang menyampaikan bahwa kader konservasi adalah ujung tombak dalam pelestarian lingkungan dan kawasan konservasi. Apa yang dilakukan kader konservasi akan menjadi ditiru oleh masyarakat. Sehingga pentingnya mencontohkan hal-hal sederhana kepada masyarakat seperti penggunaan bungkus bekas jajan/snack yang dilubangi sebagai wadah pembibitan, tidak tebang pohon sembarangan, penanaman rutin dan sebagainya.

Kader yang tengah berdiskusi

Masuk kedalam diskusi, TWA Suranadi sebagai salah satu TWA dengan perkembangan terbaik yang menyediakan fasilitas permainan wisata seperti flying fox dan river tubing menceritakan pengalaman mengembangkan kawasan mereka, termasuk permasalahan yang dihadapi serta inovasi untuk pengunjung agar ramai datang ke Taman Wisata Alam. Meski masing-masing TWA memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, namun diharapkan pengalaman tersebut dapat diadaptasi dan ditiru oleh para kader di TWA mereka masing-masing. Dari kader TWA Tanjung Tunak sendiri mengutarakan harapan bantuan radio untuk kemudahan komunikasi mengingat kawasan TWA yang sepi sehingga rawan akan tindak kejahatan.

Acara keesokan harinya mengundang dari siswa SMK Kehutanan Qomarul Huda untuk penanaman bersama disepanjang kiri-kanan jalan menuju Pantai Gunung Tunak yang kemudian ditutup oleh Bapak Lalu Muhammad Fadli, SH., Kepala SKW I Lombok selaku perwakilan dan foto bersama.

Galeri Foto Kegiatan Pertemuan Kader Konservasi SKW I Lombok

Artikel Terkait

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply